News
Selasa, 2 Agustus 2016 - 20:45 WIB

TIPS KEUANGAN : Lepas dari Lilitan Utang Ternyata Mudah, Ini Caranya…

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi terlilit utang (Huffingtonpost)

Tips keuangan mengajari Anda lebih mudah keluar dari lilitan utang.

Solopos.com, SOLO – Utang bisa menjadi salah satu pengeluaran terbesar Anda tiap bulannya. Berhemat tentu menjadi solusi untuk menambah dana pelunasan utang.

Advertisement

Tak perlu bingung, melunasi utang ternyata bisa dilakukan dengan cara mudah. Dikutip Liputan6.com dari Lifehack.org, Senin (1/8/2016), berikut empat langkah yang sebaiknya Anda coba:

Kerja Sampingan
Hidup tenang tanpa utang tentu membuat hidup Anda lebih tenang. Sebaiknya cari cara agar utang Anda cepat terlunasi, salah satu caranya adalah dengan bekerja sampingan.

Anda juga dapat menawarkan diri untuk lembur. Anda juga bisa menawarkan jasa menulis, mengajar bahasa Inggris online, mengantar barang dan banyak pekerjaan sampingan lain. Dengan begitu, Anda akan mendapat tambahan uang dan segera melunasi seluruh daftar cicilan.

Advertisement

Memasak Makanan Sendiri
Salah satu cara berhemat adalah dengan memasak sendiri. Berbelanja dan memasak bisa mengurangi pengeluaran Anda. Memasak tentu memerlukan uang yang lebih sedikit ketimbang Anda terus jajan di luar.

Cara ini dapat membuat perut lebih kenyang, dan tabungan untuk melunasi utang pun semakin banyak.

Berhenti Menggunakan Kartu Kredit
Kartu kredit mendorong seseorang untuk lebih konsumtif, apalagi dengan tawaran menggiurkan dengan beberapa diskon besar. Alhasil, Anda akan membeli barang yang sebenarnya tidak Anda perlukan. Karenanya, pangkas pengeluaran tak penting Anda dengan menanggalkan kartu kredit.

Advertisement

Menjual Barang yang Tak Terpakai
Anda bisa melunasi utang dengan menjual barang di rumah yang telah tak terpakai. Banyak orang yang membeli barang hanya untuk dipakai sekali lantas dibiarkan begitu saja.

Jika Anda tak begitu membutuhkannya, jual saja. Anda bisa menawarkan barang-barang tersebut secara online demi mendapatkan uang dengan cepat.

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif