Soloraya
Senin, 1 Agustus 2016 - 15:40 WIB

TOL SOLO-KERTOSONO : Lahan Interchange Wonorejo Dibebaskan Tahun Ini

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tol (JIBI/Solopos TV)

Tol Solo-Kertosono, lahan untuk interchange Wonorejo dibebaskan pada tahun ini.

Solopos.com, KARANGANYAR–Lahan terdampak proyek pembuatan interchange jalan tol Solo-Kertosono (Soker) di Desa Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, segera dibebaskan.

Advertisement

Lahan yang akan dibebaskan milik 60-70 warga Wonorejo. Sosialisasi gambar interchange sudah dilakukan di Balai Desa Wonorejo pada Juli lalu mengundang pemilik tanah.
Penjelasan itu disampaikan Kepala Desa (Kades) Wonorejo, Suhud Anshori, saat dihubungi Solopos.com melalui ponsel, Senin (1/8/2016). “Baru sosialisasi gambar atau desain interchange,” ujar dia.

Suhud menjelaskan tidak ada pemilik tanah yang menyatakan menolak terhadap rencana pembuatan interchange. Kendati demikian diakui dia tahapan belum masuk negosiasi harga.

“Jumlah pemilik tanah yang diundang sekitar 60 sampai 70 orang. Pada prinsipnya tidak menolak rencana pembuatan interchange. Tapi itu belum sampai negosiasi harga,” kata dia.

Advertisement

Sedangkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Tol Soker, Waligi, saat dihubungi Solopos.com melalui ponsel, mengatakan mestinya pembebasan lahan interchange rampung 2016. Tapi hal itu mesti menunggu penetapan lokasi oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo.

“Kalau penetapan lokasi baru 2017, ya berarti baru bisa tahun depan,” ujar dia.

Waligi mengonfirmasi sudah ada sosialisasi gambar interchange Wonorejo kepada pemilik tanah. Tapi untuk langkah pengukuran dan pematokan lahan belum dilakukan.

Advertisement

“Kami belum lakukan pengukuran terkait tol. Kalau saya pasang patok pasti lapor pemdes, dan kalau kami pasang patok harus tahu pemiliknya. Apalagi bila terkait interchange,” tutur dia. Ihwal desain lokasi interchange Wonorejo, menurut dia sudah diajukan kepada Gubernur. Tapi masih ada beberapa kelengkapan berkas yang sedang dalam proses pelengkapan oleh tim.

Informasi yang diterima Solopos.com, interchange Wonorejo akan dibuat di area perkebunan tebu sekitar jembatan tol Soker. Interchange akan menjadi akses masuk dan keluar tol.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif