Soloraya
Senin, 1 Agustus 2016 - 16:40 WIB

BURSA SEKDA SOLO : Pendaftaran Calon Sekda akan Diperpanjang

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bursa Sekda Solo, Pansel akan memperpanjang pendaftaran calon sekda karena belum ada yang mendaftar.

Solopos.com, SOLO–Pendaftaran calon sekretaris daerah (sekda) Kota Solo akan diperpanjang, apabila jumlah pelamar dibawah lima orang hingga batas akhir penutupan pada Jumat (5/8/2016) nanti.

Advertisement

Dilansir dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, kurang empat hari penutupan pendaftaran belum ada satupun pelamar calon sekda yang mendaftarkan baik melalui online maupun offline.

“Mungkin kalau tidak Selasa atau Rabu ada yang mendaftarkan diri,” kata Kepala BKD Solo Hari Prihatno ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Senin (1/8/2016).

Hari mengaku beberapa pejabat eselon II yang memenuhi persyaratan calon sekda telah berkonsultasi terkait pencalonan tersebut. Mereka rata-rata masih merampungkan menyusun makalah visi misi sekda sebagai persyaratan pencalonan. Hari optimistis ada pelamar yang akan mendaftarkan diri dalam bursa sekda tersebut.

Advertisement

Sebaliknya jika kemungkinan terburuk tidak ada pelamar yang mendaftarkan diri hingga batas akhir penutupan pendaftaran, maka waktu pendaftaran akan diperpanjang. Begitu pula, bila jumlah pelamar tak memenuhi persyaratan minimal lima orang pelamar maka pendaftaran diperpanjang.

“Tapi kami tidak tahu pendaftaran akan diperpanjang berapa lama. Yang jelas kami akan memperpanjang pendaftaran kalau yang melamar hanya tiga orang. Karena batas minimal pelamar lima orang,” katanya.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengintruksikan pejabat eselon II di lingkup Pemkot yang memenuhi persyaratan maju dalam bursa sekda segera mendaftarkan diri. “Jangan takut menjadi sekda. Jadi pejabat yang sudah memenuhi syarat segera daftarkan diri,” pinta Rudy, sapaan akrabnya.

Advertisement

Rudy sudah berulang kali mengintruksikan kepada seluruh pejabat eselon II dalam berbagai kesempatan, seperti rapat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) maupun apel pagi untuk mendaftarkan diri. Rudy mengaku kekosongan kursi sekda membuat kinerja pemerintahan tak berjalan optimal. Apalagi posisi sekda sangat strategis selaku ketua tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Sementara saat ini jabatan sekda yang diisi oleh pejabat pelaksana tugas (Plt) terbatas kewenangannya. Sehingga, Rudy berharap jabatan sekda bisa segera terisi.

“Mengko nek do ra daftar tak Plt-kan wae sisan(Nanti kalau tidak ada yang mendaftarkan diri akan di Plt-kan sekalian.”

Plt. Sekda Solo Rahmat Sutomo merupakan salah satu pejabat eselon II Pemkot yang memenuhi persyaratan calon sekda, mengaku masih merampungkan penyusunan makalah sebagai persyaratan calon sekda. Sebelum batas akhir pendaftaran, dia pastikan telah mendaftarkan diri sebagai calon sekda.

“Pokoknya masih nunggu wangsit dari atas,” kelakarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif