Teknologi
Minggu, 31 Juli 2016 - 07:00 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Begini Canggihnya Prosesor Terbaru Helio X30

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Helio X30 Mediatek (Youtube)

Teknologi terbaru prosesor Helio X30 mulai terungkap spesifikasinya.

Solopos.com, SOLO — Kehadiran teknologi terbaru prosesor Helio X30 sudah terendus sejak lama. Walau belum diketahui jadwal perilisannya, bos Mediatek (MTK) mau buka suara soal spesifikasinya.

Advertisement

Seperti dikutip dari Gizmochina, Rabu (27/7/2016), dalam interview dengan Sun Chanhxu, COO Mediatek, Zhu Shangzu, sempat menyinggung soal prosesor barunya. Ia mengaku optimistis bila prosesor seri X dan P akan secara signifikan meningkatkan persepsi konsumen terhadap merek MTK.

Shangzu mengkonfirmasi teknologi terbaru prosesor Helio X30 akan dibuat oleh TSMC menggunakan pabrikasi 10nm. Prosesor ini menyediakan dukungan 3 baseband carrier aggregation, jaringan Cat. 10 – Cat. 12.

Mediatek tidak lagi menyematkan GPU Mali. Mereka menggantikannya dengan PowerVR GPU yang diyakini memiliki kinerja yang lebih baik dan konsumsi daya yang lebih efesien.

Advertisement

Layaknya Helio X20, teknologi terbaru prosesor tersebut akan diperkuat 10 inti. Terdiri dari dua A73 (2,8 GHz), empat A53 (2,2 GHz) dan empat A35 (2 GHz). Helio X30 akan mendukung RAM hingga 8 GB, empat channel LPDDR4 RAM dan UFS 2.1.

Sayang, Shangzu tidak menyinggung jadwal perilisan teknologi terbaru prosesor Helio X30. Tapi menurut sejumlah rumor Helio X30 akan memulai debutnya pertengahan tahun depan. Jadi tunggu saja.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif