Sport
Minggu, 31 Juli 2016 - 05:30 WIB

OLIMPIADE 2016 : Inilah Kontingen-Kontingen Terkecil di Olimpiade Brasil

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Olimpiade 2016 (Reuters)

Olimpiade 2016 diwarnai dengan negara-negara yang mengirimkan sedikit atlet.

Solopos.com, RIO DE JANEIRO – Sebanyak 11.400 atlet dari 207 negara akan berpartisipasi dalam event olah raga terbesar di dunia Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, Agustus mendatang. Dari negara sebanyak itu 20 di antaranya hanya diwakili oleh tiga atlet atau kurang.

Advertisement

Kontingen dengan jumlah atlet paling sedikit ini antara lain Afghanistan, Belize, Gambia, Sudan Selatan, Tuvalu, Chad, Somalia, dan Nauru. Dilansir Rio2016.com, Jumat (29/7/2016), negara kecil di Pasifik Selatan Tuvalu misalnya hanya diwakili oleh seorang atlet. Sprinter bernama Etimoni Timuani bakal membawa sendiri bendera kebangsaannya dalam parade atlet saat upacara pembukaan di Stadion Maracana, 5 Agustus 2016mendatang.

Uniknya, Etimoni sebenarnya adalah pesepak bola profesional yang berlaga di Tuvalu A-Division. Akan tetapi, di Rio de Janeiro, atlet berusia 24 tahun itu akan bertanding di cabang olah raga atletik lari 100 meter.

Tak hanya negara kepulauan Tavulu yang hanya mengirimkan satu atlet. Beberapa negara yang memiliki kontingen dengan jumlah terkecil juga dialami Afghanistan, Brunei Darussalam, Burkina Faso, Mikronesia, Kiribati, Laos, Solomon, Timor Leste, dan Togo.

Advertisement

Sedangkan Buthan berhasil mengirimkan dua atlet perempuan, yakni Karma dan Lenchu Kunzang. Karma adalah seorang pemanah handal yang sempat finis di peringkat 60 besar kejuaraan panahan di Denmark 2016 lalu. Sementara Lenchu merupakan atlet tembak yang akan bertanding di nomor 10 meter air rifle.

Negara kecil Chad juga mengirim dua delegasi, yakni Bachir Mahamat dan Bibiro Ali Taher. Keduanya  turun di atletik. Mahamat ikut lomba lari 400 meter putra dan Taher turun di lari 500 meter putri. Hanya dua atlet yang akan mewakili Dominika, yakni Yordanys Duranona dan Thea LaFond. LaFond juga bermain di lompat jauh dan loncat tinggi.

Sementara itu, Liberia mengutus dua pelari Mariam Kromah dan Emmanuel Matadi. Keduanya berlatih dan bersekolah di Amerika Serikat. Kromah bakal berlaga di lari 400 meter putri dan Matadi bertanding di dua nomor, yakni lari 100 meter putra dan 200 meter putra.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif