Teknologi
Sabtu, 30 Juli 2016 - 20:00 WIB

TIPS KOMPUTER : Ini 5 Cara Mudah Rawat Laptop

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Siswa-siswi SMPN menggunakan laptop sebagai sarana belajar. (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Tips komputer kali ini tentang lima cara mudah merawat laptop.

Solopos.com, SOLO — Laptop saat ini hampir menggantikan komputer desktop untuk digunakan bekerja dan beraktivitas sehari-hari. Kepraktisan laptop membuatnya menjadi gadget unggulan yang hampir menjadi kebutuhan utama setiap orang untuk beraktivitas.

Advertisement

Bagi Anda yang punya laptop harus menjaganya baik-baik. Bila ada komponen rusak seperti baterai, layar, apalagi motherboard, biaya yang harus dikeluarkan bisa lebih mahal dari harga belinya. Berikut ini beberapa tips supaya Anda bisa hemat biaya servis yang mahal sebagaimana dihimpun dari Liputan6.com, Sabtu (30/7/2016):

1. Jauhkan Laptop dari Wadah Menampung Cairan

Advertisement

1. Jauhkan Laptop dari Wadah Menampung Cairan

Ini merupakan salah satu aturan umum penggunaan laptop yang perlu Anda perhatikan baik-baik. Kebiasaan menaruh makanan dan minuman di meja bersama dengan laptop bukan hal yang baik dilakukan. Kalau gelas Anda tak sengaja jatuh dan kena laptop tentu akan sulit untuk mengeringkannya.

2. Hati-Hati Software Abal-Abal

Advertisement

3. Back-up Data Secara Rutin

Lakukan back-up data rutin secara periodik, terutama untuk data yang tersimpan di harddisk. Kerusakan yang tidak sengaja terjadi di harddisk atau motherboard dapat menghilangkan seluruh data di laptop Anda karena sulit diambil lagi.

4. Rawat Charger dengan Baik

Advertisement

Salah satu penyebab baterai laptop cepat rusak adalah menggunakan charger yang tidak asli. Oleh karena itu, rawatlah charger Anda dengan baik dan jangan sering menarik-narik kabelnya. Hindari membiarkan kabel charger terurai untuk mencegah tersandung yang dapat merusak charger.

5. Hindarkan Laptop dari Medan Ekstrem

Laptop wajib dijauhkan dari medan magnet yang kuat karena dapat kinerja laptop akan terganggu. Selain itu, perubahan suhu ekstrem membuat laptop mudah rusak. Bila Anda berencana tidak menggunakan laptop dalam waktu lama, simpanlah laptop di dalam wadah yang rapat atau gunakan silica gel.

Advertisement

Kalau Anda sedang mencari laptop baru, gunakan fasilitas cicilan 0% yang dapat digunakan dengan kartu kredit. Banyak juga promosi yang diberikan dengan penggunaan kartu kredit seperti diskon atau cashback, sehingga Anda bisa lebih hemat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif