Teknologi
Jumat, 29 Juli 2016 - 13:10 WIB

HASIL PENELITIAN: Ilmuwan Sulap Urine Jadi Air Minum, Mau Coba?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi toilet penampung urine. (Dailyrecord.co.uk)

Hasil penelitian menemukan cara mengolah urine menjadi air minum.

Solopos.com, GENT – Seorang peneliti asal Universitas Ghent Belgia berhasil menemukan alat untuk mengubah air seni atau urine menjadi air putih yang tidak berbau dan layak dikonsumsi.

Advertisement

Mengolah urine menjadi air minum memang bukan hal baru karena sudah diterapkan sejak lama oleh NASA pada pesawat luar angkasa. Tetapi alat yang diciptakan peneliti di Belgia itu berbeda, diklaim jauh lebih sederhana dan efisien.

“Berbeda dari yang sudah ada, alat yang kami ciptakan mampu mengubah urine menjadi air minum dengan cara sangat sederhana dengan sedikit bantuan tenaga listrik dari energi matahari,” ungkap Dr Sebastian Derese, sang pencipta alat tersebut seperti dilansir laman Dailymail, Kamis (28/7/2016).

Derese menjelaskan alat itu mengumpulkan urine dalam sebuah tangki besar kemudian kami panaskan hingga mendidih menggunakan listrik tenaga surya. Uap yang dihasilkan akan melewati beberapa lapis membran yang mampu memisahkan air dengan zat kimia pada urine seperti kalium, nitrogen, dan fosfor.

Advertisement

Berdasarkan uji laboratorium, air yang dihasilkan dari proses tersebut dapat langsung diminum tanpa perlu diolah lagi. Sementara zat kimia yang sudah dipisahkan dapat dimanfaatkan menjadi pupuk.

Derese menambahkan, apabila alat ciptaannya dibuat dalam jumlah banyak hal itu dapat membantu penduduk di belahan bumi lainnya yang masih kesulitan air atau wilayahnya terisolasi dan belum ada listrik.

Hasil penelitian tentang pemanfaatan lanjutan pada urine bukan kali ini saja dilakukan. Belum lama ini, seorang peneliti dari Inggris juga berhasil menciptakan alat untuk mengubah mikroba pada urine menjadi pembangkit listrik.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif