Teknologi
Jumat, 29 Juli 2016 - 04:00 WIB

FITUR BARU GOOGLE : Google Hadirkan Fitur Antispam di Nexus dan Android One

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nexus 5P Sailfish (Fonearena)

Fitur baru Google antispam muncul di Nexus dan Android One.

Solopos.com, SOLO — Raksasa teknologi Amerika Serikat, Google, akhirnya menyediakan fitur perlindungan dari telepon spam pada ponsel Nexus dan Android One setelah banyak penggunanya yang melayangkan keluhan.

Advertisement

Seperti dikutip dari Engadget, Kamis (28/7/2016), syaratnya menggunakan fitur ini cuma satu, menyalakan caller ID. Dengan begitu, bila ada telepon yang nomornya sudah tergolong spam, ponsel akan menampilkan layar berwarna merah dengan tulisan suspected spam caller.

Setelah menerima telepon tersebut, akan ada opsi untuk benar-benar memblokir nomor tersebut, atau memasukkan nomor tersebut ke dalam daftar putih bila ternyata nomor tersebut bukanlah spam.

Kalau ada nomor yang terlewat oleh Google, pengguna bisa melaporkan nomor-nomor tertentu ke Google untuk memasukkannya ke dalam daftar spam. Fitur ini merupakan lanjutan dari fitur di ponsel Nexus sebelumnya, yaitu daftar perusahaan di Google My Business.

Advertisement

Fitur itu secara otomatis menampilkan nama perusahaan dalam caller ID ponsel. Fitur anti spam ini akan tersedia untuk perangkat Nexus dan Android One dalam waktu dekat atau bisa juga diinstal di ponsel lain dengan OS Android 6.0 ke atas.

Sebelumnya Samsung sudah lebih dulu menawarkan perlindungan dari telepon spam terhadap pengguna Galaxy S7 sejak Februari lalu. Vendor asal Korea Selatan itu menggandeng Whitepages dalam menyediakan fitur tersebut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif