Sport
Jumat, 29 Juli 2016 - 04:10 WIB

BURSA TRANSFER : Arsenal Berburu Striker Tajam

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Alexandre Lacazette (Sky Sports)

Bursa transfer diwarnai dengan Arsenal yang berburu striker.

Solopos.com, LONDON — Barisan lini depan Arsenal cukup lama tidak diisi striker kelas dunia sejak mereka kehilangan Thierry Henry. Sejumlah penyerang top beberapa kali dirumorkan merapat ke Stadion Emirates pada bursa transfer musim panas ini. Namun, hingga sekarang hasilnya masih nihil.

Advertisement

Setelah Thierry Henry, Arsenal sebenarnya memiliki Robin van Persie. Bomber asal Belanda tersebut cukup subur hingga menyabet top scorer Liga Premier pada 2010/2011 dan mendapatkan penghargaan sebagai PFA Player of the Year. Namun pada musim itu, ketajaman Van Persie belum cukup membuat Arsenal mengakhiri paceklik gelar Liga Premier sejak 2004.

Tim asal London Utara itu hanya finis di peringkat keempat. Yang lebih menyakitkan, Van Persie kemudian menyeberang ke markas musuh bebuyutan Arsenal, Manchester United dan meraih trofi Liga Premier pertama dalam kariernya.

Pada bursa transfer musim panas ini, pasukan polesan Arsene Wenger beberapa kali dilaporkan berupaya mendatangkan bomber haus gol. Salah satunya, Jamie Vardy. Namun, setelah mengalami negosiasi alot, Vardy memilih memperpanjang kontraknya bersama juara bertahan Liga Premier, Leicester City, alih-alih pindah ke Arsenal.

Advertisement

Gonzalo Higuain juga dikabarkan menjadi salah satu incaran pasukan Meriam London, sebutan lain Arsenal. Penyerang Napoli itu meledak dengan 36 gol dalam 35 pertandingan di Seri-A musim lalu. Namun, peluang Arsenal untuk menggaet Higuain cukup tipis setelah bomber asal Argentina itu dikabarkan sudah menjalani tes medis dengan Juventus di Kota Madrid, Sabtu (22/7/2016).

Penyerang Everton, Romelu Lukaku, juga menjadi salah satu incaran lain Arsenal. The Gunners harus bersaing dengan rival sekota mereka, Chelsea, yang juga mantan klub pemain Belgia itu. Selain itu, Lukaku disebut-sebut juga masuk radar Manchester United dan Paris Saint-German (PSG).  Seperti dilansir Metro.co.uk, Senin (25/7/2016), sayangnya, besar kemungkinan Lukaku akan lebih memilih Chelsea karena dia merasa ada urusan yang belum terselesaikan dengan klub London Barat itu.

Dalam ulasan Espn, penyerang Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, bisa menjadi pilihan tepat bagi Wenger dalam pencarian striker top sejauh ini. Pemain berusia 27 tahun tersebut mencetak 25 gol di Bundesliga musim lalu. Dia juga menjadi finisher sejati dengan dibuktikan 56,7% tembakannya terjadi di kotak penalti.

Advertisement

Akan tetapi untuk mendapatkan Aubameyang, Arsenal perlu kerja keras. Kabar terbaru, Aubameyang dilaporkan mengadakan pembicaraan dengan Manchester City meski sang pemain mengatakan akan berada di Dortmund musim ini. Dia juga mengaku Real Madrid menjadi tujuan utama berikutnya setelah Dortmund.

Jika perburuan striker top itu gagal, Arsenal kemungkinan besar akan mengalihkan perhatian kepada penyerang Lyon, Alexandre Lacazette. Nama bomber 25 tahun itu memang kalah populer dibandingkan Higuain atau Lukaku. Namun statistiknya tidak terlalu buruk dengan mencetak 21 gol dalam 34 laga di Ligue 1 musim lalu. Di liga domestik, Lacazette lebih produktif dibandingkan bomber utama Arsenal saat ini, Olivier Giroud, yang musim lalu tampil angin-anginan dengan hanya mendulang 16 gol dalam 26 laga.

Di sisi lain, Arsenal dikabarkan berambisi membeli winger Leicester, Riyad Mahrez. Arsenal yang ikenal irit di bursa transfer dikabarkan bakal mengeluarkan uang 50 juta euro (Rp721,8 miliar). Masalahnya, Mahrez bukan sosok striker murni yang dibutuhkan Arsenal saat ini. Sky Sports mengulas Mahrez akan dimainkan dengan peran berbeda apabila dia benar-benar mendarat di Emirates.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif