Soloraya
Kamis, 28 Juli 2016 - 22:15 WIB

TOL SOLO-KERTOSONO : Pemkab Tata Lokasi Sekitar Interchange Di Gondangrejo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol di kawasan Gondangrejo, Karanganyar. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Tol Solo-Kertosono, Pemkab Karanganyar menata lokasi interchange Wonorejo.

Solopos.com, KARANGANYAR–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berencana menata lokasi sekitar interchange jalan tol Solo-Kertosono.

Advertisement

Pernyataan itu disampaikan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat mendampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meninjau salah satu ruas jalan tol di Wonorejo, Gondangrejo, Rabu (27/7/2016). Yuli, sapaan akrab Juliyatmono, mengungkapkan sudah melihat rencana pembuatan interchange di wilayah Karanganyar.

“Salah satunya di Wonorejo itu ya. Karanganyar enggak ada rest area. Kalau interchange jadi, kami siapkan sarana penunjang di sekitar lokasi,” kata Yuli saat ditemui wartawan seusai mendampingi Gubernur di jalan tol Solo-Kertosono, Rabu.

Sarana penunjang yang dimaksud orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar itu adalah tempat istirahat yang menjajakan kuliner dan pusat oleh-oleh khas Karanganyar. Bahkan, dia sempat mencetuskan gagasan membuat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di lokasi dekat interchange.
“Mau masuk ke interchange itu, dicegat foodcourt, pusat oleh-oleh, SPBU, dan lain-lain. Kalau bisa kan kami bisa menambah pendapatan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar dia.

Advertisement

Bupati juga memastikan tidak akan ada persoalan saat pembebasan lahan. Interchange di Wonorejo, Gondangrejo akan memakai lahan milik pemerintah desa dan sejumlah warga. “Tidak ada masalah lah. Kami bantu. Tanah kas desa nanti mencari lokasi lain sebagai penggantinya,” tutur dia.

Bupati menyampaikan harapan rencana mengembangkan lokasi di sekitar interchange betul-betul terealisasi. Pertimbangan utama adalah menyediakan fasilitas memadai kepada pengguna jalan dari Jakarta, Surabaya, dan lain-lain.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif