Jogja
Kamis, 28 Juli 2016 - 22:55 WIB

PERTANIAN KULONPROGO : Durian Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Warga, Ini Harapan Petani Banjaroya

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - FOTO MUSIM DURIAN : Pedagang Durian Menjamur

Pertanian Kulonprogo diharapkan mendapat perhatian lebih besar dari pemerintah.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Sejumlah petani berharap pemerintah lebih memperhatikan keberadaan usaha perkebunan durian di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo. Mereka ingin potensi durian di wilayah tersebut bisa semakin berkembang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Advertisement

Hal itu mereka sampaikan kepada Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas pada acara silaturahmi, sosialisasi lembaga DPD RI, dan penyerapan aspirasi di kawasan Waduk Mini Banjaroya, Kalibawang, Rabu (27/7/2016) kemarin. Warga ingin nama Banjaroya menjadi semakin populer sebagai daerah penghasil varietas durian menoreh kuning.

Seorang petani bernama Triyanto mengungkapkan, sebagian dari dana desa hendaknya bisa dialokasikan untuk pembuatan saluran irigasi di sekitar kebun durian. Menurutnya, fasilitas itu juga dapat dimanfaatkan untuk budi daya ikan air tawar.

“Tentunya bakal lebih bermanfaat sebagai sumber ekonomi produktif,” kata Triyanto.

Advertisement

Triyanto menambahkan, petani durian juga berharap ada bantuan hewan ternak berupa sapi. Selain mengembangkan usaha peternakan, kotorannya dapat dimanfaatkan kelompok tani sebagai pupuk kandang untuk puluhan hektare lahan durian. Produktivitas akan meningkat jika kesuburan tanaman durian bisa dikelola dengan lebih baik.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif