News
Kamis, 28 Juli 2016 - 01:20 WIB

KISAH UNIK : Inilah Lubang Runtuhan Bawah Air Terdalam di Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sinkhole atau lubang runtuhan terdalam yang terletak di Laut Tiongkok Selatan (Dailymaila)

Kisah unik mengenai fenomena alam lubang runtuhan atau sinkhole di Laut Tiongkok Selatan.

Harianjogja.com, TIONGKOK — Lubang runtuhan atau biasa disebut sinkhole di Laut Tiongkok Selatan ini dipercaya sebagai yang terdalam di dunia.

Advertisement

Dilansir dari Dailymail, Senin (25/7/2016), peneliti mengemukakan penemuan ini kepada Huanqiu.com. Lubang raksasa ini memiliki kedalaman sekitar 300,89 meter atau 987 kaki. Ukuran ini setara dengan bangunan pencakar langit tertinggi di Inggris, The Shard.

Sebelumnya, Dean Blue Hole diklaim sebagai lubang bawah laut terdalam dengan ukuran 663 kaki atau 202 meter. Namun dengan keterangan dari peneliti Tiongkok pada Jumat (22/7/2016), klaim itu tak lagi berlaku.

China Radio International menyatakan lubang runtuhan ini berada sekitar 16,31 derajat garis lintang selatan dan 111,46 derajat garis bujur timur, Laut Tiongkok Selatan. Area ini dekat dengan Pulau Paracel atay lebih dikenal sebagai Xiasha di Tiongkok dan Hoang Sa In di Vietnam.

Advertisement

Lubang runtuhan bawah laut juga biasa disebut dengan lubang biru [blue holes].

Proses pengukuran ini membutuhkan waktu penelitian antara Agustus 2015-Juni 2016. Dengan bantuan peralatan pemindai sonar, alat ukur lautan dalam, robot bawah laut dan kamera bawah laut diketahui kedalaman lubang ini mencapai 300,89 meter. Mereka juga mengukur lebar lubang yang berkisar 426 kaki atau 130 meter di permukaan paling atas, sedang paling bawah atau terkecil sekitar 118 meter atau 36 meter.

Dari penelitian ini, pakar juga menemukan sekitar 20 jenis spesies ikan.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Fenomena Alam Kisah Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif