Iphone SE (Engadget) Iphone SE (Engadget)
Kamis, 28 Juli 2016 11:47 WIB JIBI/Solopos/Newswire Gadget Share :

HASIL SURVEI
Iphone Jadi Smartphone Terpopuler di Kalangan Remaja Indonesia

Hasil survei Asiawide dan Brand Alliance menunjukkan Iphone menjadi smartphone populer.

Solopos.com, JAKARTA — Siapa tak kenal Iphone yang dibesut manufaktur Apple? Dunia mengakuinya, termasuk Indonesia. Hal itu terbukti lewat hasil survei Asiawide dan Brand Alliance terhadap di Indonesia mengenai nama-nama merek populer pilihan Gen Y atau generasi muda ndonesia.

Seperti dilansir Liputan6.com, Senin (25/6/2016), Apple menjadi merek smartphone yang paling populer di kalangan generasi Y. Sedangkan di peringkat kedua diduduki smartphone Android milik Samsung, disusul Sony, Nokia dan LG.

Sementara untuk merek laptop yang terpopuler, hasil survei mencatat ada beberapa merek seperti Apple, Lenovo, Vaio, HP dan Asus. Untuk kamera, Gen Y di Indonesia memilih merek-merek seperti Canon, Nikon, Sony, Olympus, dan Fuji Film sebagai merek yang paling populer.

Hasil survei kali ini sebenarnya dilakukan di pasar Asiawide di lima negara, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Tiongkok. Dalam menentukan merek ternama, survei dilakukan secara langsung dan via online.

Dibandingkan dengan Gen Y di negara lain di Asia, merek produk ternama pilihan Gen Y Indonesia memamerkan kualitas dasar dan menempatkan tagline sebagai cara untuk menarik pembeli. Sedangkan di Tiongkok, cenderung mempertimbangkan produk bermerek dan tampilan kemasan sebagai simbol identitas diri.

Dosen Manajemen Universitas Tarumanagara, Arnold Japutra, menyatakan Gen Y di Indonesia memilih produk merek internasional dan nasional. “Pilihan ini sangat dipengaruhi oleh kategori produk tersebut, misalnya di kategori mobil, ponsel, dan laptop, hanya sedikit yang memilih produk buatan Indonesia. Kebanyakan lebih memilih merek internasional,” kata Arnold.

Sementara itu, hasil survei juga mengungkap untuk e-commerce atau pasar online, merek lokal masih menjadi pilihan bagi Gen Y Indonesia. Beberapa merek e-commerce yang dipilih di antaranya adalah Bukalapak, OLX, Tokopedia, dan Kaskus.

Direktur Strategi Influential Brands, Jorge Rodriguez, mencatat merek produk lokal dan nasional telah muncul menduduki puncak dalam kategori hasil survei Gen Y di Asia.

“Walaupun fakta globalisasi telah membuat lebih banyak orang menunjukkan preferensi merek internasional, survei ini juga memperlihatkan adanya keterbukaan Gen Y terhadap produk lokal dan nasional. Artinya, terlihat ada kebanggaan nasional,” katanya seperti tertulis pada keterangan resmi.

lowongan kerja
lowongan kerja guru, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

senin 5 juni

Kolom

GAGASAN
Ramadan di Bumi Pancasila

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (7/6/2017). Esai ini karya M. Zainal Anwar, dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah zainalanwar@gmail.com Solopos.com, SOLO–Di bawah ideologi Pancasila, menjalani puasa Ramadan di Indonesia menyajikan kemewahan luar…