Pedagang menjual bawang merah di Pasar Beringarjo, Rabu (27/7/2016). Saat ini harga bawang merah mencapai Rp38.000 per kg. (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja) Pedagang menjual bawang merah di Pasar Beringharjo, Rabu (27/7/2016). Saat ini harga bawang merah mencapai Rp38.000 per kg. (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)
Rabu, 27 Juli 2016 23:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

HARGA KEBUTUHAN POKOK
Bawang Merah Masih Selangit, Apa Penyebabnya

Harga kebutuhan pokok bawang merah masih tinggi.

Solopos.com, JOGJA — Beberapa pekan paska-Lebaran, bawang merah menjadi salah satu komoditas bahan pangan yang masih tinggi harganya. Rata-rata pedagang di Pasar Beringharjo masih menjual sekitar Rp38.000 per kilogram (kg).

Gangsar, salah satu pedagang khusus bawang merah dan bawang putih mengatakan, sejak Lebaran kemarin harga bawang merah selalu tinggi. Harga saat ini melebihi bawang putih yang hanya Rp35.000 per kg.

“Lebaran itu malah sampai Rp40.000, sekarang Rp38.000 tapi hitungannya tinggi,” kata Gangsar, Rabu (27/7/2016).

Ia sendiri tidak begitu paham penyebab harga bawang merah masih tinggi tetapi menurutnya karena petani belum panen. Selain mengambil bawang merah dari Samas, Bantul, ia juga mendatangkan dari Brebes Jawa Tengah. Biasanya harga bawang merah ukuran kecil dijual lebih murah di kisaran Rp30.000 tetapi peminatnya tidak banyak. Pembeli paling banyak membeli bawang merah ukuran sedang.

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…