Teknologi
Rabu, 27 Juli 2016 - 21:10 WIB

DEMAM POKEMON GO : Inilah Sosok Jenius di Balik Pokemon Go

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - John Hanke (www.techworm.net)

Demam Pokemon Go mengungkap siapa sosok jenius di balik game fenomenal tersebut.

Solopos.com, SOLO – Anda pasti pernah mendengar Silicon Valey. Di tempat inilah orang-orang jenius berkumpul untuk mengembangkan kreatifitas mereka. Di tempat ini juga game populer Pokemon Go dibuat.

Advertisement

Sosok jenius John Hanke ada di balik pembuatan game Pokemon Go. Hanke adalah pendiri Niantic Labs, pengembang game populer tersebut.

Hanke merupakan pria 49 tahun lulusan Berkeley, Kalifornia, Amerika Serikat, yang terkenal dalam bidang teknologi. Ia dikenal sebagai pria yang rendah hati setelah memperkenalkan istri dan tiga anaknya.

Pada 2001, Hanke mendirikan Keyhole yang merupakan perusahaan perintis yang mengkhususkan diri dalam aplikasi visualisasi data geospasial. Perusahaan ini menjadi yang pertama menciptakan peta udara online 3D.

Advertisement

Google lantas mengakuisisi Keyhole pada 2014 dengan US$35 juta. Hanke pun bekerja di perusahaan mesin pencari tersebut untuk mengembangkan Google Maps dan Google Street View.

Hanke awalnya mendirikan Niantic saat bekerja di Google, namun pada 2015 ketika Google melakukan perombakan besar dan membuat perusahaan baru bernama Alphabet, Niantic seperti terserap dalam perusahaan divisi Android.

Namun, Hanke meyakinkan perusahaannya untuk menjadikan Niantic sebagai perusahaan independen. Ia mendapat investasi dari Nintendo, Pokemon Co, dan Google. Hal itu membuatnya berinisiatif membuat game dengan basis data permukaan bumi.

Advertisement

“Saya selalu berpikir Anda bisa membuat permainan mengagumkan menggunakan semua data geo yang kami miliki,” ujar Hanke dalam sebuah pernyatan seperti dilansir News.co.au, Rabu (27/7/2016).

“Saya melihat ponsel menjadi lebih dan lebih kuat dan saya pikir waktunya akan tiba bahwa Anda bisa melakukan permainan yang benar-benar mengagumkan petualangan dunia nyata,” lanjutnya.

Kini Pokemon Go menjadi permainan populer dunia. Permainan itu bahkan menjadi aplikasi game yang paling banyak diunduh di Apple App Store dalam pekan debutnya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif