Soloraya
Selasa, 26 Juli 2016 - 15:40 WIB

PNS BOYOLALI : Inilah 4 Jabatan Camat Kosong

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

PNS Boyolali, ada empat jabatan camat di Kota Susu yang kosong.

Solopos.com, BOYOLALI–Jabatan empat camat di Boyolali saat ini kosong. Empat kecamatan yang tidak memiliki camat adalah Teras, Sambi, Ngemplak, dan Kemusu.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Camat Sambi S.B. Irianto, Camat Ngemplak Sukamto, dan Camat Kemusu Harsito, sudah memasuki masa pensiun. Sedangkan Camat Teras Agus Sulistiyono meninggal dunia pada April lalu.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Boyolali memastikan meskipun saat ini empat kecamatan itu tengah mengalami kekosongan camat, namun tugas camat sudah digantikan pelaksana tugas (Plt).

“Semuanya sudah ada Plt,” kata Kepala BKD Boyolali, Karsino, saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (26/7/2016).

Advertisement

Menurut Karsino, jabatan empat camat segera diisi. Kendati demikian, BKD Boyolali akan tetap mengikuti ketentuan normatif. Pengisian jabatan akan dilakukan setelah 6 bulan pelantikan Bupati Boyolali, Seno Samodro. Sebelum enam bulan, Bupati Seno belum bisa mengambil keputusan strategis salah satunya terkait mutasi dan pengisian jabatan. Pengisian jabatan camat kemungkinan akan diikuti dengan program mutasi.

“Nanti setelah 18 Agustus, atau enam bulan setelah pelantikan bupati, pengisian jabatan camat baru bisa kami proses,” ujar Karsino.

Pengisian jabatan empat camat akan dibarengkan dengan penataan birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali. Kebetulan, dalam waktu dekat Pemkab Boyolali melalui BKD akan menggelar uji kompetensi kepada seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN). “Ya, nanti sekalian saat uji kompetensi. Namun, untuk masalah teknis uji kompetensi itu termasuk mekanisme untuk mengisi jabatan camat, akan kami koordinasikan lagi dengan pimpinan [bupati].”

Advertisement

Karsino menambahkan meskipun jabatan camat di empat kecamatan kosong dalam kurun waktu yang cukup lama, harapannya tidak ada pelayanan kepada masyarakat yang terganggu.

Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Boyolali, Untung Rahardjo, menjelaskan kekosongan empat jabatan camat akan segera diisi. Dia menyerahkan kepada BKD terkait mekanisme pengisian jabatan serta kapan pengisian itu akan dilakukan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif