Jogja
Selasa, 26 Juli 2016 - 10:55 WIB

PILKADA JOGJA : Wironegoro Nyatakan Tak Kembalikan Berkas Pencalonan ke Gerindra

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Wironegoro (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Pilkada Jogja yang semula diwacanakan akan diikuti oleh KPH Wironegoro berakhir batal

Harianjogja.com, JOGJA-Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Wironegoro mengakui dirinya tidak mengembalikan formulir penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota Jogja melalui Partai Gerindra. Alasannya karena Suami dari Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi ini memiliki posisi sebagai dewan penasihat di Gerindra.

Advertisement

“Demi menjaga keadilan, menimbang kondisi sosial kultural politik,dan posisi saya sebagai dewan pengarah Pilkada DIY 2017, dengan ini saya memutuskan tidak mengembalikan formulir melanjutkan proses pencalonan Walikota Jogja,” kata Wironegoro melalui pesan singkat, Senin (25/7/2016).

Pernyataan tersebut juga disampaikan kepada Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra melalui surat. Wironegoro tidak menjelaskan lebih jauh alasan pembatalannya selain yang disampaikan kepada partai.

Padahal dalam beberapa kesempatan dirinya siap maju dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Jogja dalam pilkada serentak 2017 mendatang, jika masyarakat Jogja menghendakinya. Bahkan ia kerap mengkritik pola pembangunan di Jogja yang tidak sesuai dengan keistimewaan Jogja, di antaranya soal pembangunan hotel.

Advertisement

“Saya berharap pemimpin Jogja bisa memahami pesan kultural keistimewaan DIY,” kata Wironegoro di kediamannya, 18 Maret lalu.

Namun saat itu dirinya masih membutuhkan banyak dukungan masyarakat, meski sudah banyak dukungan dari orms dan partai. Saat disinggung soal pernyataan Sultan Hamengku Buwono X bahwa Keluarga Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dilarang mencalonkan diri, Wironegoro saat itu menyatakan bahwa dalam keluarga dirinya tidak pernah membicarakan soal politik.

“Di keluarga tak pernah ada pembahasan soal itu, dengan isteri saya aja enggak, apalagi dengan Ngarso Dalem,” ujar Wironegoro yang juga menantu Sultan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif