Jateng
Selasa, 26 Juli 2016 - 05:50 WIB

FILM JIHAD SELFIE : Film Perekrutan ISIS Diputar di Semarang

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi film Jihad Selfie. (Youtube.com)

Film Jihad Selfie yang merupakan dokumentasi tentang perekrutan anggota kelompok teroris ISIS diputar di Kantor Kesbanglinmas Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebuah film dokumenter tentang fakta perekrutan anggota kelompok radikal atau teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), berjudul Jihad Selfie bakal diputar di Kota Semarang. Berminat ikut nonton bareng (nonbar)?

Advertisement

Pemutaran film karya Noor Huda Ismail ini digagas elemen Jurnalis Creative bersama Mediatama.Co Organizer Semarang itu digelar di Aula Kantor Kesbangpol dan Linmas Pemerintah Provinsi Jateng, Selasa (26/7/2016) mulai pukul 09.00 WIB, pagi ini.

Selain pemutaran film Jihad Selfie, acara ini rencana juga diisi dengan diskusi dengan menghadirkan beberapa tokoh, termasuk sutradara Jihad Selfie, Noor Huda. “Kami melihat film ini sangat menarik dan mendidik, maka kami putar film sekaligus mendatangkan sutradaranya ke Jawa Tengah. Selanjutnya akan kami buat road show yang dimulai dari Kota Semarang,” kata Ketua Jurnalis Creative, Damar Sinuko, di Semarang, Senin (25/7/2016).

Selain sutradara, sejumlah narasumber dari berbagai instansi juga akan dihadirkan dalam acara ini, seperti dari Polda Jateng, Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT), dan kalangan akademisi dan jurnalis.

Advertisement

Dilansir beberapa situs berita nasional dan luar negeri, Jihad Selfie merupakan film dokumenter yang dibuat tanpa melalui script atau skenario. Film ini berceritakan tentang fakta perekrutan anggota oleh kelompok teroris ISIS melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, Instagram, maupun Skype.

Selaku sutradara sekaligus produser, Noor Huda meruntut perekrutan kelompok teroris itu lewat media sosial dari salah satu remaja 17 tahun asal Aceh bernama Akbar Maulan, yang mendapat beasiswa belajar agama di Turki. Pada 2014, Noor Huda secara tak sengaja mendapati Akbar yang tengah galau di sebuah warung di Turki.

Saat itu, Akbar tengah bimbang karena melihat foto selfie beberapa temannya asal Indonesia yang bergabung dengan ISIS terlihat tengah memanggul senapan M-16. Akbar pun mulai terpikat untuk bergabung dengan ISIS.

Advertisement

Melalui pertemuan dengan Akbar ini, Noor Huda mulai membuat film Jihad Selfie yang proses pembuatanny dimulai Maret 2015 hingga Juni 2016.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif