Otomotif
Senin, 25 Juli 2016 - 09:30 WIB

TIPS OTOMOTIF : Setir Mobil Terasa Berat? Periksa Dulu 2 Bagian Ini

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Setir mobil. (Autoguide.com)

Tips otomotif kali ini mengatasi masalah setir mobil berat.

Solopos.com, SOLO – Mobil dengan fitur power steering seharusnya memiliki pengendalian yang enteng. Apabila terasa berat, dipastikan mobil Anda bermasalah. Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Technical Support Auto2000, Agus Mustafa menjelaskan normal atau tidaknya berat setir seharusnya dicek dengan alat bernama pull skill untuk mendapat hasil pasti. Tetapi pemilik mobil tetap bisa memeriksanya sendiri dengan melakukan pengecekan pada ban.

“Periksa dahulu tekanan angin ban apakah dalam kondisi normal atau kempis. Secara visual, periksa keausan ban depan apakah dalam kondisi rata atau makan bagian dalam atau bagian luar. Aus yang tidak merata mengakibatjkan steering berat,” terang Agus sebagaimana dilansir laman Liputan6, Sabtu (23/4/2016).

Agus menambahkan, bagian lain yang perlu diperiksa apabila setir terasa berat adalah selang power steering. Pastikan kondisinya normal dan tidak terjadi kebocoran.

Advertisement

Dikutip dari thread Komunitas Rush Terios di forum Kaskus, oli power steering memiliki warna merah keunguan. Apabila selang bocor, umumnya oli akan menetes ke kolong mobil di sekitar roda depan sebelah kanan.

Tetapi apabila ban dan selang sudah dicek dan kondisinya normal namun setir tetap terasa berat, lanjut Agus, berarti kemungkinan kerusakan terdapat pada pompa power steering yang lemah, steering rack macet, atau yoke steering yang macet.

“Itu tugas mekanik bengkel untuk memeriksanya,” tutup Agus.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif