Jateng
Minggu, 24 Juli 2016 - 15:50 WIB

Trans Semarang Layani 2 Koridor Baru, Pengujung 2016

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi BRT Trans Semarang. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Trans Semarang bakal menambah jangkauan layanan pada pengujung 2016

Semarangpos.com, SEMARANG — Pengelola Trans Semarang memastikan pembukaan dua koridor baru guna memperluas jangkauan layanan bus rapid transit (BRT) tersebut, pada pengujung tahun 2016.

Advertisement

Manajer Pengelola Operasional Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang Sandy Wicaksono di Semarang, Kamis (21/7/2016), mengungkapkan Koridor V dan VI BRT Trans Semarang itu diperkirakan sudah bisa beroperasi Oktober hingga Desember 2016. “Kesiapan sarana dan prasarananya sudah sekitar 30%, termasuk shelter,” terangnya.

Pengelolaan Trans Semarang terbagi dua, untuk aspek manajemen ditangani BLU UPTD Terminal Mangkang Semarang yang sering disebut BLU Trans Semarang, sedangkan untuk operasional ditangani pihak ketiga.

Menurut Sandy, sudah ada shelter yang terpasang di sepanjang rute Koridor V yang melayani penumpang rute Meteseh-PRPP dan Koridor VI yang melayani rute Tembalang-Sekaran, Gunungpati. Koridor VI disiapkan untuk memfasilitasi akses transportasi mahasiswa, yakni Universitas Diponegoro (Undip) yang berada di kawasan Tembalang serta Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Sekaran.

Advertisement

Berdasarkan kajian konsultan, Sandy menambahkan setidaknya dibutuhkan total 50-56 shelter untuk Koridor V, dan saat ini sudah terpasang sebanyak 13 shelter portabel dan tiga shelter permanen. “Untuk Koridor VI dibutuhkan setidaknya 30-40 shelter, dan saat ini yang sudah terpasang sebanyak 13 shelter’, Semuanya berbentuk portabel atau shelter’ yang bisa dipindah-pindah,” katanya.

Mengenai kesiapan bus, kata dia, untuk Koridor V rencananya akan dioperasikan 16 unit Trans Semarang yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga, yakni untuk pengadaan busnya. Namun, ia mengatakan untuk Koridor VI rencananya akan mengoperasikan delapan unit Trans Semarang bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah.

“Kalau untuk bus bantuan dari APBD provinsi saat ini sudah ada dan ready, namun masih dalam pengurusan administrasi tanda nomor kendaraan bermotor [TNKB]. Kami harapkan segera rampung,” katanya. Targetnya, Sandy mengatakan Koridor V akan dioperasikan mulai Desember 2016, sementara Koridor VI akan dioperasikan lebih dulu, yakni pada Oktober 2016 karena armadanya juga sudah siap.

Advertisement

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif