Teknologi
Minggu, 24 Juli 2016 - 14:30 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Resmi Dirilis, Nvidia Titan X Dijual Rp15 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nvidia Titan X (Theverge)

Teknologi terbaru kartu grafis Nvidia Titan X akan dijual Rp15 juta.

Solopos.com, SOLO — Teknologi terbaru kartu grafis terkencang di dunia resmi diluncurkan. Nvidia selaku pembesut merilisnya dengan sebutan Titan X. Banderolnya tak main-main, mencapai US$1.200 atau setara Rp15 juta.

Advertisement

Tapi harganya yang selangit itu tentu saja diiringi oleh spesifikasi mumpuni. Kartu grafis ini mengandalkan arsitektur termutakhir dari core Pascal dengan 12 miliar transistor di dalamnya. Jumlah core-nya sendiri mencapai 3.584, sedangkan kecepatan clock-nya sebesar 1,53 GHz.

Berkat kombinasi tersebut, Nvidia mengklaim teknologi terbaru Titan X sanggup memuntahkan tenaga hingga 11 teraflop. Performa itu juga ditunjang oleh kapasitas memori video memori yang tak kalah besar, yakni 12 GB jenis GDDR5X.

“Titan X dimulai dari sebuah taruhan. Brian Kelleher, insinyur hardware terbaik kami bertaruh dengan CEO Nvidia, Jen-Hsun Huang, kalau timnya bisa memberikan performa komputasi 10 teraflop hanya dengan satu chip. Jen-Hsun bilang itu gila. Kami berhasil melakukannya, Jen-Hsun sekarang berutang pada Brian atas keberhasilannya,” kata Nvidia, seperti dikutip dari Detik, Sabtu (23/7/2016).

Advertisement

Dengan kemampuan yang diusungnya, seharusnya bukan perkara sulit bagi teknologi terbaru Titan X untuk menjalankan game dengan grade AAA di setingan maksimal sekalipun. Termasuk berjalan di platform Virtual Reality yang mudah dilahapnya.

Tapi tentu saja agar optimal, spesifikasi lain yang mendukung kartu grafis teknologi terbaru Titan X juga harus tak kalah mumpuni. Performa Titan X bakal sia-sia kalau dipasangkan dengan komponen pendukung yang di bawah spek. Tertarik memboyongnya? Titan X akan mulai dijual pada bulan Agustus mendatang dan kali pertama akan dilakukan lewat situs Nvidia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif