Jatim
Minggu, 24 Juli 2016 - 22:05 WIB

HAJI 2016 : Kuota Calhaj Tulungagung Bertambah 6 Orang

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kakbah (Youtube.com)

Haji 2016 untuk Tulungagung ditambah enam orang.

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG – Kuota calon haji asal Kabupaten Tulungagung bertambah enam orang, sehingga berjumlah 936 orang yang akan diberangkatkan pada tahun 2016 ini.

Advertisement

“Baru saja kami mendapatkan informasi bahwa dari 56 cadangan yang kami ajukan, yang disetujui Kementerian Agama hanya tujuh orang. Namun yang bersedia berangkat hanya enam,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tulungagung Suryani di Tulungagung, Jumat (22/7/2016).

Suryani menjelaskan pemberangkatan keenam orang cadangan tersebut belum tentu berbarengan dengan rombongan asal Tulungagung, sebab mengisi porsi yang kosong di wilayah Jatim.

Dia menambahkan dari jumlah total calon haji ada kebijakan pemerintah yang mengambil 10 persen dari porsi yang diperoleh.

Advertisement

“Dan 10 persen itu masuk dalam tahap kedua. Namun, di Tulungagung mendapatkan porsi tahap kedua ada sebanyak 155 CJH,” ujar dia.

Suryani memerinci 10 persen calon jamaah haji tahap kedua itu terdiri atas 117 orang lansia dan pendamping, 19 gabungan suami-istri serta orang tua dengan anak, dan 52 calon jamaah yang sudah pernah haji.

“Untuk mengajukan ke tahap kedua harus ada permohonan pengajuan. Kemarin dari permohonan yang sebanyak 170-an calon jamaah lansia dan pendamping, yang diterima 117 saja,” kata dia.

Advertisement

Suryani menjelaskan meski telah mengajukan permohonan karena sudah berusia lansia, namun hal itu juga dilihat dari nomor porsi yang didapat.

“Saat ini, daftar tunggu terus bertambah. Maka harus lebih bersabar,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif