Sport
Sabtu, 23 Juli 2016 - 10:00 WIB

PIALA MENPORA 2016 : 6 Wakil Soloraya Berebut Tiket ke Provinsi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Timnas U-16 (kiri) berebut bola dengan pemain PAB dalam pertandingan di komplek UNY, Selasa (17/9/2013).

Piala Menpora 2016 bakal diikuti oleh sejumlah wakil Soloraya.

Solopos.com, SOLO – Sebanyak enam tim sekolah sepak bola (SSB) terbaik se-Soloraya bakal bersaing memperebutkan tiket ke Piala Menpora 2016 U-16 tingkat provinsi di Lapangan Banyuanyar, Solo, Sabtu-Minggu (23-24/7/2016).

Advertisement

Kota Bengawan bakal diwakili New Pelita dan Solo Football Academy (SFA). Sukoharjo mengirimkan Puma Nguter serta Garuda Jaya yang merupakan tim SSB milik Pasoepati. Sementara itu, Karanganyar diwakili Zetle Meyer dan Sragen diwakili Bareti.

Keenam tim itu bakal dibagi ke dalam dua grup dan bertanding dengan sistem setengah kompetisi. Selanjutnya, dua tim terbaik dari masing-masing grup berhak melaju ke semifinal.

“Lawan di semifinal menggunakan sistem silang, juara grup bertemu runner up grup lainnya. Setelah itu, dua tim yang lolos ke final akan mewakili region 2 [Soloraya] ke tingkat provinsi,” terang Ketua Penyelenggara Piala Menpora U-16 Region 1, Ibrahim Abdullah, saat dijumpai Solopos.com, di Rumah Makan Mentari Pagi, Solo, Kamis (21/7/2016) sore.

Advertisement

Dua finalis wilayah Soloraya akan bersaing dengan wakil-wakil dari region lain Jawa Tengah di Jepara. Setelah itu, juara Jawa Tengah bakal bertarung di putaran nasional di Jakarta.

“Delapan tim terbaik nasional lalu akan melakoni laga final di Sidoarjo bersamaan dengan peringatan Haornas, September nanti. Harapan kami, akan ada tim Soloraya yang tembus ke final nasional,” imbuh Ibrahim.

Ibrahim memprediksi persaingan keenam tim se-Soloraya bakal berjalan sengit. “Persaingan sangat berat karena ada SFA dan Bareti. Zetle Meyer juga sangat berat. Garuda Jaya adalah tim baru tapi bisa juga menjadu kuda hitam,” imbuh dia.

Advertisement

Sementara itu, Piala Menpora 2016 U-16 region Soloraya akan dilanjutkan dengan pertandingan U-14 Wilayah Jawa Tengah (Jateng) yang digeber di Lapangan Banyuanyar, Kota Barat, dan Stadion Sriwedari, Solo, 5-7 Agustus 2016 nanti.

“Piala Menpora U-14 tingkat kota sudah selesai lalu dilanjutkan ke tingkat Jateng dengan diikuti 24 tim yang dibagi ke dalam 6 grup. Masing-masing grup akan diambil dua tim terbaik untuk melaju ke 12 besar dengan sistem gugur. Nanti juaranya langsung mewakili Jateng ke tingkat nasional di GBK [Gelora Bung Karno, Jakarta] 1-4 September,” terang Ketua Penyelenggara Piala Menpora U-14 Jateng, L. Agus Saparno.

Solo diwakili enam tim di laga tingkat provinsi ini, yakbi New Pelita, SFA, Adidas, POP, Bonansa A dan Bonansa B. “SFA punya kans bagus. Adidas juga. Tapi mereka harus bersaing keras melawan empat tim unggulan Jateng, yaitu Fajar Muda Banjarnegara, IM Purwokerto, Putra Mandiri Semarang, dan Apac Inti Ungaran,” imbuh Agus.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif