Lifestyle
Sabtu, 23 Juli 2016 - 09:30 WIB

KULINER SOLO : Gurih Pedas Tauto Pekalongan di Soto 28 Laweyan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tauto Pekalongan di Warung Soto 28 Laweyan, Solo. (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo tak melulu menghadirkan menu khas Kota Bengawan seperti yang ditawarkan warung makan Soto 28 Laweyan.

Solopos.com, SOLO – Jika di Solo banyak ditemukan makanan soto, lain halnya di Pekalongan. Kota Batik itu juga memiliki kuliner khas, yakni tauto. Kuliner soto maupun tauto sebenarnya hampir mirip. Tetapi, kedua kuliner tersebut memiliki ciri khas yang berbeda.

Advertisement

Untuk lebih mengetahui perbedaannya rasanya, Solopos.com mencoba mencicipi menu soto pekalongan di Warung Soto 28 Laweyan, Solo. Soto pekalongan yang ditawarkan di warung
yang beralamat di Jl dr. Radjiman No 453B Laweyan ini ternyata cukup unik. Kuahnya agak berwarna kecokelatan karena penggunaan bumbu tauco.

Uniknya, soto pekalongan juga disajikan bersama mi soun, potongan daging sapi, tauge, seledri, dan daun bawang. Selain itu, soto tidak disajikan bersama nasi, melainkan dengan lontong.

Saat Solopos.com mencicipinya, rasanya memang berbeda dengan soto biasa. Perpaduan rasa kuahnya begitu unik antara gurih, manis, dan sedikit pedas. Penggunaan lontong pada soto juga patut anda coba. Lontong yang disajikan sangat pas, tidak terlalu nyemek dan keras.

Advertisement

Pemilik warung Soto 28, Mohammad Salim Nugroho, mengatakan soto pekalongan yang dijual dimasak tanpa menggunakan micin. Oleh sebab itu, menu yang disajikan dijamin aman dan lebih sehat.

“Saya lebih memilih tidak menggunakan micin karena untuk kesehatan. Sebab, selama ini banyak kuliner yang menggunakan micin sehingga rawan terkena penyakit kanker,” ujarnya saat ditemui Solopos di warung setempat, Jumat (15/7/2016).

Warung yang buka pukul 07.00 WIB-21.00 WIB itu pun menjual soto pekalongan dengan harga Rp12.500/porsi.
Selain itu warung setempat juga menawarkan soto daging. Soto yang disajikan memang tidak jauh berbeda dengan soto daging umumnya. Soto daging dijual seharga Rp8.000/porsi.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif