Jogja
Sabtu, 23 Juli 2016 - 15:20 WIB

HOTEL JOGJA : TPK Hotel Tetap Terjaga Karena Summer

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi check in di hotel (Dailyfinance.com)

Hotel Jogja tetap panen paska-Lebaran

Harianjogja.com, JOGJA — Paska-Lebaran, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel di Jogja terutama di ring satu kawasan Malioboro masih tinggi karena turis asing berdatangan untuk menikmati musim panas (summer) di Jogja.

Advertisement

Executive Secretary & Public Relation Ibis Styles Jogja Hotel Diah Widyaningsih mengatakan, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang sepi seusai Lebaran, tahun ini TPK hotel justru dapat dikatakan masih tinggi.

“Begitu Lebaran selesai dan [penghuni kamar] yang lokal keluar, diganti sama yang asing. Mereka datang untuk summer, berjemur,” ujar Diah, Jumat (22/7/2016).

Menurutnya akhir masa libur Lebaran dan libur tahun ajaran baru tahun ini berdekatan dengan awal musim panas bagi para turis asing. Mereka datang di saat yang tepat saat wisatawan lokal sudah kembali beraktivitas.

Advertisement

“Jadi kita tidak ada kekosongan. Terus terisi. Tahun kemarin antara Lebaran sama libur anaknya sama summer-nya enggak bareng jadi kita sempat ada jeda,” ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaika Public Relations Indoluxe Hotel Jogjakarta, Fabiola Carla Puspita Siregar. Ia mengatakan, meski terjadi penurunan TPK dibandingkan Lebaran kemarin, kedatangan turis asing ini membuat TPK Indoluxe tetap terjaga.

“Penurunannya sekitar 10 persen aja kok. Posisinya sekarang 55,77 persen rata-ratanya,” tuturnya.

Advertisement

Sejak Senin kemarin, para turis sudah memadati Nirvana Pool yang terletak di lantai 19 Hotel Indoluxe. Mereka berenang dan berjemur saat terik matahari mulai menyengat.

“Sampai sunset ramai. Ada yang di lounge juga,” kata dia.

Menurutnya momentum Lebaran yang berdekatan dengan tradisi summer dan dimanfaatkan para wisatawan asing untuk berjemur ini menjadi keuntungan bagi pihak hotel karena TPK hotel tidak turun drastis dan dikatakan stabil.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) DIY merilis data TPK hotel bintang di DIY secara rata-rata pada bulan Mei 2016 sebesar 61,16%. Angka ini mengalami kenaikann sebesar 1,63% dibandingkan bulan sebelumnya yang menunjuk besaran angka 59,53%. TPK hotel nonbintang atau akomodasi lain-lain 29,55%, naik 2,39% dari bulan April 2016.

Advertisement
Kata Kunci : Hotel Jogja Lebaran 2016
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif