Soloraya
Jumat, 22 Juli 2016 - 13:25 WIB

PERTANIAN KARANGANYAR : Manfaatkan Lahan Tidur, Anggota TNI Tanam Buah Dan Jagung

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dandim 0727/Karanganyar, Letkol (Czi) Santy Karsa Tarigan, menanam bibit pepaya jenis California di Desa Jatiwarno, Jatipuro, Kamis (21/7/2016). (Istimewa)

Pertanian Karanganyar mendapatkan dukungan dari anggota TNI yang memanfaatkan lahan tidur.

Solopos.com, KARANGANYAR – Anggota Kodim 0727/Karanganyar mendukung program pemanfaatan lahan tidak produktif di sejumlah wilayah di Karanganyar.

Advertisement

Seperti yang dilakukan di Desa Jatiwarno, Jatipuro dan Kelurahan Delingan, Karanganyar. Warga Desa Jatiwarno, Jatipuro menerima bantuan 10.000 bibit pepaya jenis California, Kamis (21/7/2016).

Bantuan bibit itu dari Korem 074/Warastratama diserahkan kepada Kodim 0727/Karanganyar. Dandim 0727/Karanganyar, Letkol (Czi) Santy Karsa Tarigan menyerahkan bantuan 10.000 bibit pepaya itu secara simbolis kepada Kepala desa Jatiwarno.

Santy menyampaikan bantuan itu upaya Korem 074/Warastratama dan Kodim se-Soloraya menumbuhkembangkan sentra buah di Soloraya. Kodim 0727/Karanganyar memilih Desa Jatiwarno karena memungkinkan ditanami buah-buahan. Selain itu, sejumlah warga sudah mencoba membudidayakan pepaya dan hasilnya memuaskan.

Advertisement

“Tanah dan iklim cocok ditanami buah-buahan, seperti pepaya. Kami berharap Desa Jatiwarno menjadi sentra penghasil pepaya di Karanganyar,” kata Santy saat dihubungi Solopos.com, Jumat (22/7/2016).

Selain itu, anggota Kodim 0727/Karanganyar bekerja sama dengan kelompok tani mengelola sebidang tanah di bumi perkemahan Delingan, Karanganyar. Lahan seluas 3 hektare (ha) dari total 12 ha ditanami jagung bisi 2 pada Juni. Petani akan panen pada September.
Santy menyampaikan menemukan lahan di bumi perkemahan. Sebagian lahan sudah ditanami pohon keras dan pisang. Tetapi, masih ada yang belum dimanfaatkan.

“Kami mendukung program pemerintah ketahanan pangan. Kami memanfaatkan lahan kosong dan tidur untuk ditanami pagi, jagung, dan kedelai. Kami menemukan lahan di bumi perkemahan. Pakai sistem tumpang sari,” tutur dia.

Advertisement

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi, menyilakan kelompok tani dan anggota Kodim 0727/Karanganyar mengelola bumi perkemahan.

“Kami silakan melaksanakan program penanaman itu. Sudah ada pohon keras dan tanaman pisang. Tetapi, beberapa masih kosong. Jadi silakan dimanfaatkan,” tutur dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif