Jogja
Jumat, 22 Juli 2016 - 01:20 WIB

MAHASISWA BERPRESTASI : Mahasiswa UMY Raih Best Foreign Student di SIAS University

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Perwakilan dari UMY di Tiongkok (JIBI/Harian Jogja/dok. Humas UMY)

Mahasiswa berprestasi UMY kembali menorehkan prestasi.

Harianjogja.com, BANTUL –– Setidaknya tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) program pertukaran pelajar, berhasil menyabet gelar Best Foreign Student dalam Wisuda Mahasiswa Asing di SIAS University, China.

Advertisement

Ketiga Mahasiswa tersebut adalah Sitta Wahyu Qurana (Hubungan Internasional 2013), Diana Setiawati (Hukum 2012) dan Ferdiana Rachmawati (Ekonomi 2014). Mereka mengikuti program pertukaran pelajar selama satu atau setengah tahun.

Salah satu mahasiswa peserta program, Sitta pada Kamis (21/7) menjelaskan, gelar Best Foreign Student tersebut diraih melalui penilaian selama mengikuti perkuliahan di kelas, baik dari segi prestasi, performa dan keaktifan.

Dari total 137 mahasiswa asing yang diwisuda, ada lima belas mahasiswa yang mendapatkan gelar tersebut, atau lebih tepatnya terjemahannya ‘Outstanding Student’. Setiap kelas ada satu sampai dua siswa yang terpilih.

Chinese Speech Contest
Selain meraih gelar “Best Foreign Student”, Sitta juga berprestasi dalam Chinese Speech Contest yang diselenggarakan bagi mahasiswa asing di SIAS University. Bahkan ia juga berhasil menyabet juara 3.

Advertisement

“Peserta Chinese Speech Contest yang berada di babak final ada 9 mahasiswa asing di SIAS. Juara 1 dari Perancis, juara 2 dari Laos dan Korea Selatan, dan juara 3 dari Indonesia, Brazil dan Tajikistan, Amerika Serikat dan Thailand,” ungkap Sitta, dalam rilis diterima Harian Jogja.

Sitta juga meraih prestasi dalam Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) level empat sebagai tiga besar nilai HSK tertinggi di SIAS University.

“HSK itu semacam TOEFL-nya bahasa China. Di SIAS sendiri, ada peraih 3 besar HSK level 4, mendapatkan beasiswa HSK,” ujarnya.

Advertisement

Selama satu tahun merasakan pengalaman kuliah di negeri Tirai Bambu tersebut, Sitta menjelaskan mendapatkan banyak pengalaman. Pada satu semester pertama di SIAS University, Sitta masuk kedalam jurusan Ekonomi dan Manajemen.

“Jadi selain mengambil pelajaran bahasa Mandarin, saya juga belajar English Composition, Economy dan Management. Belajarnya setiap hari dari Senin sampai Jum’at pukul 8.00 pagi sampai 17.00 padat dengan jadwal kuliah,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif