News
Jumat, 22 Juli 2016 - 21:29 WIB

HUT RI : Logo 71 Tahun Indonesia Kental Unsur Amerika?

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo resmi HUT ke-71 Indonesia. (Setneg.go.id)

HUT RI diwarnai kontroversi desain logo 71 tahun Indonesia.

Solopos.com, SOLO – Kementerian Sekretariat Negara telah merilis logo resmi untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia. Tetapi sejumlah pihak menyebut logo itu mengandung unsur Amerika Serikat, benarkah?

Advertisement

Logo HUT RI untuk tahun 2016 memiliki warna dasar merah dan putih. Bentuknya serupa lingkaran namun tidak sempurna yang seolah dibelah oleh angka 71. Sementara di samping kanannya terdapat tulisan TH, Indonesia, dan Kerja Nyata.

Dikutip dari Setneg.go.id, Jumat (22/7/2016), logo tersebut menunjukkan komitmen pemerintah memajukan Indonesia serta mengajak masyarakat untuk bersatu bahu-membahu menembus segala rintangan.

Selain itu kesan simpel juga bermakna pemerintah yang selalu transparan dan informatif.

Advertisement

Tetapi berdasarkan pantauan Solopos.com, di sosial media (sosmed) Twitter ramai yang menduga logo 71 Indonesia terinspirasi dari lambang pasukan militer 71st Infantery Division milik Amerika Serikat.

Bedanya, logo yang diterbitkan pada masa Perang Dunia II itu memiliki angka 71 berwarna biru dan diletakkan di dalam lingkaran yang garisnya sempurna tanpa sudut. Sedangkan bagian tengah lingkaran berwarna putih dengan tepian merah.

Dugaan kedua, meski tidak seramai yang pertama, ada yang menyebut pola 71 pada logo peringatan HUT RI 2016 meniru garis pada lambang grup band metal asal Kalifornia, Amerika Serikat, Linkin Park. Bagaimana menurut Anda?

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif