Jogja
Kamis, 21 Juli 2016 - 01:40 WIB

UMKM DIY : Tingkatkan Daya Saing Produksi, Sultan HB X Imbau Pengusaha Manfaatkan Iptek

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pameran kerajinan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Sultan juga mengajak para pelaku bisnis bekerja sama dengan perguruang tinggi ikut mengembangkan riset.

Harianjogja.com, JOGJA– Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di daerah setempat memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan daya saing produksi.

Advertisement

“Saya kembali mengimbau pelaku bisnis di kabupaten/kota mengutamakan pemanfaatan iptek dan inovasi karya anak bangsa sebagai basis strategi kita untuk unggul dalam persaingan global,” kata Sultan dalam sambutan yang dibacakan Wakil Gubernur DIY Paku Alam X pada peringatan Hari Teknologi Nasional ke-21 di Bangsal Kepatihan, seperti dikutip Antara, Rabu (20/7/2016).

Dalam acara peringatan itu, Sultan juga mengajak para pelaku bisnis bekerja sama dengan perguruang tinggi ikut mengembangkan riset yang dibutuhkan masyarakat.

“Kami percaya bahwa ada hubungan yang erat antara akademisi, pemerintah, dan dunia usaha untuk menghasilkan produk yang inovatif dan berdaya saing,” kata dia.

Advertisement

Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), menurut dia, negara peserta pasar bebas tersebut baik di tingkat global maupun regional ASEAN harus memiliki kompetensi di bidang iptek dan inovasi agar mampu menghadapi persaingan.

Menurut dia DIY sebagai wilayah yang potensial mengembangkan beragam usaha mikro, kecil, dan menengah, memeiliki kesempatan ikut memenangkan persaingan itu.

Dalam acara peringatan Hari Teknologi Nasional itu, Wakil Gubernur DIY Paku Alam X didampingi Kepala Biro Administrasi Pemerintah menyerahkan beberapa penghargaan 18 tokoh, lembaga, serta siswa berprestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif