Jateng
Kamis, 21 Juli 2016 - 20:50 WIB

DEMO BURUH : PT Nyonya Meneer Klaim Telah Bayar Gaji Karyawan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para karyawan perusahaan jamu PT Nyonya Meneer di tenda yang mereka dirikan di depan pintu masuk pabrik di Jl Raden Patah, Kaligawe, Semarang, Senin (18/7/2016). Para karyawan ini mendirikan tenda sebagai bentuk protes karena gaji selama lima bulan dan THR mereka yang belum dibayarkan. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda Saputra)

Demo buruh dilakukan karyawan perusahaan jamu, PT Nyonya Meneer, yang menuntut pembayaran gaji dan tunjangan hari raya (THR).

Semarangpos.com, SEMARANG – Manajemen PT Nyonya Meneer mengklaim telah merealisasikan pembayaran gaji kepada seluruh karyawan pabrik jamunya. Pembayaran gaji itu bahkan dilakukan secara bertahap sejak sebelum Lebaran 2016, beberapa waktu lalu.

Advertisement

Sebelumnya, para karyawan perusahaan jamu yang sudah berdiri hampir 100 tahun itu melakukan demonstrasi. Para buruh PT Nyonya Meneer itu menutut pelunasan gaji yang hingga kini belum dibayarkan oleh perusahaan.

Dalam demo buruh itu, para karyawan bahkan mendirikan tenda keprihatinan tepat di depan pintu masuk pabrik. Mereka bahkan mengancam akan membawa kasus itu ke ranah hukum jika tuntutannya tak segera dipenuhi hingga 31 Agustus mendatang.

Menanggapi tuntutan buruh, manajeman perusahaan penghasil jamu itu membantah belum memenuhi tuntutan para pekerja. Mereka bahkan mengklaim sudah melakukan pembayaran secara bertahap kepada para karyawan yang difasilitasi langsung oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Jateng.

Advertisement

“Pembayaran sudah kami lakukan secara bertahap. Oleh karena jumlah total karyawan sekitar 1.200-an orang, maka pembayaran dilakukan secara bertahap dengan difasilitasi disnaker. Bahkan, hingga saat ini sudah ada sekitar 300 pekerja yang menerima haknya itu,” ujar petugas humas PT Nyonya Meneer, Regina Tantra, saat dihubungi Semarangpos.com, Rabu (20/7/2016) malam.

Regina mengaku pembayaran gaji itu sesuai dengan kesepakatan dari perwakilan serikat pekerja, perwakilan manajemen dan difasilitasi Disnaker Jateng. Kesepakatan itu antara lain menyebutkan gaji bulan Juni untuk pekerja harian dibayar 100%, sedangkan gaji bulanan pekerja dan anggota staf dibayar 50%. “Untuk THR pekerja harian juga sudah dibayarkan 50%,” imbuh Tantra.

Tantra berharap dengan kesepakatan itu, permasalahan dalam perusahaannya segera teratasi. Para pekerja bisa bekerja lagi seperti biasa.

Advertisement

Sementara itu, salah seorang pekerja, Haryani, 48, mengaku sudah menerima pembayaran gaji itu. Ia pun berharap perusahaan bisa beraktifitas lagi seperti sedia kala. “Pembayaran gaji ini sangat bermanfaat bagi kami. Apalagi kebutuhan kami semakin banyak. Saya juga berharap gaji karyawan lain segera terbayarkan dan bisa bekerja kembali secara normal,” tutur Haryani.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Kata Kunci : Demo Buruh Nyonya Meneer
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif