Teknologi
Kamis, 21 Juli 2016 - 14:00 WIB

APLIKASI STREAMING MUSIK : Spotify Digunakan 1.165 Miliar Menit di Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Spotify (Liputan6.com

Aplikasi streaming musik Spotify telah digunakan selama 1.165 di Tanah Air.

Solopos.com, JAKARTA — Aplikasi musik streaming Spotify telah digunakan oleh orang Indonesia selama 1.165 miliar menit dalam tiga bulan terakhir atau sejak kali pertama diluncurkan di Tanah Air.

Advertisement

Pengguna di Indonesia menghabiskan rata-rata 90 menit per hari untuk mendengarkan musik dari aplikasi streaming Spotify, yang sebagian besar antara pukul 12.00  WIB-16.00 WIB dan pukul 20.00 WIB-23.00 WIB.

“Indonesia merupakan salah satu negara dengan perkembangan tercepat untuk aplikasi live streaming Spotify di Asia Tenggara,” kata Managing Director Spotify Asia, Sunita Kaur, seperti dikutip dari Antara, Kamis (21/7/2016).

Beberapa daftar putar lagu atau playlist yang paling sering didengarkan pengguna Indonesia adalah Top Hits Indonesia, Kopikustik, dan Generasi Galau. Sementara artis yang lagunya paling banyak didengarkan dalam tiga bulan terakhir adalah Justin Bieber, dan lagu paling sering didengarkan adalah Don’t Let Me Down dari The Chainsmoker.

Advertisement

“Orang Indonesia sangat mencintai musik mereka, khususnya apabila tersedia dalam sebuah layanan yang dapat menghubungkan publik dan komunitas secara bersamaan,” kata Sunita.

Layanan Spotify dapat digunakan secara gratis, namun pengguna yang ingin menikmati layanan bebas iklan, musik offline dan kualitas lagu lebih baik, dapat memilih layanan premium seharga Rp49.990 per bulan.

Seperti dikutip dari Detik, Kamis, kabar kehadiran aplikasi smartphone Spotify ke Indonesia sudah diperkirakan sejak tahun lalu. Ketika itu, pada Oktober 2015 Spotifty diketahui baru saja membuka lowongan pekerjaan untuk Music Editor di Indonesia. Namun, posisi tersebut tetap ditujukan untuk mengisi kantor cabang Spotify di Singapura.

Advertisement

Berdasarkan informasi tersebut, Music Editor akan bertugas untuk melokalisir layanan streaming musik untuk pengguna Indonesia. Tak hanya itu, posisi tersebut juga akan membuat kurasi playlist, membuat konten, termasuk menulis artikel tentang musik.

Jumlah penduduk yang sangat besar disinyalir menjadi alasan kuat Spotify meluncurkan layanannya di Indonesia. Data terbaru juga menyebutkan tahun lalu lebih dari 50% pengguna Spotify mengakses layanan dari perangkat mobile.

Hal itu jelas sejalan dengan pengguna perangkat mobile di Indonesia yang terus bertambah setiap tahunnya. Kendati demikian, Spotify masih harus bersaing dengan layanan musik serupa yang sudah terlebih dulu hadir di Tanah Air seperti Deezer, Joox, Guvera, termasuk Apple Music.

Tertarik mencoba? Silakan menguduh aplikasi smartphone live streaming Spotify di Google Play Store, App Store atau mengaksesnya lewat desktop dan laptop.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif