Jogja
Selasa, 19 Juli 2016 - 14:20 WIB

PENGAMPUNAN PAJAK : Galeri Investasi di DIY Jadi Sasaran Sosialisasi Tax Amnesty

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sosialisasi Tax Amnesty di Kampus UAD, Jl Kapas, Jogja, Senin (18/7/2016). (Kusnul Isti Qomah)

Pengampunan pajak disosialisasikan di galeri investasi di DIY

Harianjogja.com, JOGJA--Kementerian Keuangan bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk sosialisasi kebijakan tax amnesty atau pengampunan pajak.

Advertisement

Sosialisasi ini diharapkan bisa menanamkan pemahaman mengenai kebijakan yang baru-baru ini menjadi topik hangat sekaligus menyiapkan pasar modal sebagai garda depan.

Kepala Kantor Perwakilan BEI DIY Irfan Noor Riza mengatakan, sosialisasi dilakukan di seluruh galeri investasi di Indonesia termasuk di DIY. Sosialisasi langsung diberikan Menteri Keuangan dalam talkshow untuk ditonton bersama-sama di galeri investasi.

“Untuk area DIY ada 13 galeri dan Solo tiga galeri dari galeri yang ada yang ikut nonton bareng ini,” kata dia, ketika ditemui di sela-sela sosialisasi di Kampus UAD, Jl Kapas, Jogja, Senin (18/7/2016).

Advertisement

Sosialisasi ini diikuti mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum. Harapannya, mereka memahami seluk-beluk tax amnesty dan bisa menularkan pengetahuan itu kepada orang-orang di sekitarnya.

Sosialisasi ini juga dalam rangka kesiapan bursa sebagai garda depan. Satu hal yang perlu disiapkan adalah jaringan yang dimiliki BEI yakni melalui galeri investasi.

Selain itu, masih ada 530 emiten, 200 galeri investasi di kampus-kampus, 19 kantor perwakilan, 105 anggota bursa yang merupakan perusahaan sekuritas, serta sekitar 2.000 karyawan yang memiliki kompetensi.

Advertisement

“Ada potensi dana sebesar Rp6.000 triliun dan pasar saham jadi sarana untuk menampung. Kita siap dari jaringan. Dari instrumen juga siap. Ads saham, reksa dana, reksa dana penyertaan terbatas, dan lainnya,” kata dia.

Irfan mengaku optimistis dengan kebijakan ini. Tax amnesty akan membuat pasar modal menjadi wahana yang semakin menarik. Peluang itu akan semakin meningkat lagi jika kebijakan ini berhasil dijalankan.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Salamatun Asadiyah mengaku sangat mendukung kegiatan ini. Sosialisasi ini diharapkan bisa menambah wawasan mahasiswa dan juga dosen di UAD. Oleh karena itu, sosialisasi ini bisa meningkatkan pemahaman mengenai tax amnesty. “Semoga kegiatan ini bermanfaat,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif