Jogja
Senin, 18 Juli 2016 - 02:40 WIB

INFRASTRUKTUR BANTUL : DPU Bantul Lebarkan Jalan Sempalan Pundong

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan jalan. (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Pelebaran jalan sempalan Pundong ke timur dimulai sesudah Lebaran 2016.

Harianjogja.com, BANTUL – Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul, melakukan pelebaran jalan sempalan Pundong atau pertigaan Jalan Parangtritis KM 15 ke timur untuk menunjang lalu lintas kendaraan di jalur itu.

Advertisement

“Kapasitas jalan di sempalan Pundong sudah tidak memungkinkan, ditambah lalu lintas kendaraan yang semakin padat, sehingga perlu ada pelebaran jalan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bantul, Heru Suhadi di Bantul, Minggu.

Menurut dia, pelebaran jalan sempalan Pundong ke timur itu pekerjaannya dimulai sesudah Lebaran 2016. Pelebaran jalan ekitar 0,5 meter di sisi kanan dan kiri dari yang saat ini lebar jalan kurang lebih tiga meter.

Ia mengatakan, pekerjaan peningkatan kapasitas jalan sempalan Pundong sepanjang hampir dua kilometer tersebut dianggarkan sebesar Rp5,9 miliar, yang meliputi Patalan-Pundong sepanjang satu kilometer dan Pundong-Seloharjo 0,95 km.

Advertisement

Peningkatan kapasitas jalan sempadan Pundong ke timur itu untuk mendukung jalur alternatif menuju Kabupaten Gunung Kidul dan jalur wisata menuju Pantai Parangtritis Bantul saat libur Lebaran atau akhir pekan.

“Tahun ini sementara pengerjaan pelabaran jalan sepanjang itu, namun ke depan semuanya ke timur akan dilebarkan. Ini untuk mendukung jalur alternatif wisata menuju ke Parangtritis,” katanya.

Sementara itu, pengerjaaan pelebaran di jalur tersebut dimulai dengan tepi jalan sisi utara, selama proses pekerjaan dipasang rambu-rambu penanda bahwa jalan sedang diperbaiki supaya pengguna jalan berhati-hati.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif