News
Senin, 18 Juli 2016 - 02:22 WIB

DISTRIBUSI BBM : Arus Balik, Satgas Pertamina Tetap Siaga

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi BBM (Dok/JIBI/Solopos)

Distribusi BBM tetap berjalan lancar

Harianjogja.com, SEMARANG — Pantauan terhadap jalannya arus balik paska-libur Lebaran dan hari terakhir libur anak sekolah tetap dilakukan Tim Satgas Pertamina Marketing Operatin Regional (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT). Kendati arus lalu lintas pada Minggu (17/7/2016) sudah lancar, tetapi tanggung jawab sebagai perusahaan negara yang bertugas memenuhi kebutuhan energi untuk negeri terus dilaksanakan.

Advertisement

Area Manager Communication & Relations JBT Suyanto mengatakan, sebuah kebanggaan bagi Pertamina, baik secara korporat maupun secara region dalam hal ini Pertamina MOR IV JBT, dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pada
tradisi nasional yakni mudik Lebaran tahun ini.

Menurut dia, banyak hal yang bisa dijadikan bahan evaluasi agar ke depan bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan dan kepuasan pelanggan. “Antara lain penempatan SPBU Mobile, SPBU Bayangan, Penambahan SPBU Kantong di titik-titik yang di anggap rawan kemacetan,” kata Suyanto melalui keterangan tertulis yang diterima Harianjogja.com, Minggu (17/7/2016).

Pada Sabtu kemarin, penyaluran BBM jenis Premium sebanyak 9.960 KL meningkat sekitar 5% dari hari sebelumnya. Solar tersalurkan 6.376 KL meningkat sekitar 20% dari hari sebelumnya. Sementara penyaluran bahan bakar khusus (BBK) jenis pertalite sebanyak 1.296 KL, meningkat sekitar 63% dari hari sebelumnya. Untuk Pertamax sebanyak 2.752 KL meningkat sekitar 25% dari hari sebelumnya.

Advertisement

“Jika kita lihat data di atas menunjukkan bahwa fluktuasi penyaluran BBM atau BBK di wilayah Jateng dan DIY masih cukup signifikan. Dan ini harus dibarengi dengan kesiapan setok yang memadai tentunya,” ujarnya.

Tim Satgas Pertamina MOR IV JBT menyampaikan informasi bahwa sampai dengan hari Minggu (17/7/2016), setok yang ada di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) di wilayah Jateng dan DIY masih cukup. Di samping itu pantauan terhadap kebutuhan LPG di wilayah operasional Pertamina MOR IV sampai hari ini juga masih aman.

Berdasarkan data harian terakhir Sabtu (16/7/2016), diperoleh data penyaluran LPG 3 Kg sebanyak 3.170 metrik ton (MT), naik 7%  dari rata-rata harian normal (Januari-Mei) sebanyak 2.961 MT. Untuk LPG 12 Kg sebanyak 206 MT dari rata-rata harian normal (Januari-Mei) sebanyak 211 MT, menurun sekitar
2%. Sedangkan untuk LPG kemasan 50 Kg dan LPG Bulk mengalami penurunan cukup signifikan rata-rata sekitar 13-15% dari sebelumnya. Bright Gas kemasan 5,5 Kg masih seperti hari sebelumnya mengalami kenaikan penyaluran sebesar 52%.

Advertisement

Sedangkan penyaluran di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di wilayah Jateng dan DIY sampai Sabtu (16/7/2016) di DPPU Adisutjipto Yogyakarta sebanyak 191.208 KL turun sekitar 23% dari hari sebelumnya, DPPU Ahmad Yani Semarang sama dengan hari sebelumnya yakni sebanyak 83.076 KL, dan DPPU Adi Sumarmo Solo sebanyak 56.901 KL atau naik sekitar 16 % dari hari sebelumnya.

Dari data di atas, secara total penyaluran atau realisasi Avtur untuk wilayah MOR IV turun sekitar 12.5% dari hari sebelumnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif