Otomotif
Sabtu, 16 Juli 2016 - 14:35 WIB

TIPS OTOMOTIF : Bikin Mobil Uzur Panjang Umur, Begini Triknya

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mercedes Benz 230SL 1964. (Dailymail.co.uk)

Tips otomotif kali ini tentang merawat mobil tua BMW dan Mercedes Benz.

Solopos.com, JAKARTA – Mobil berusia uzur dikenal manja karena membutuhkan perawatan ekstra supaya panjang umur. Tetapi hal itu tidak akan terlalu merepotkan asalkan tahu triknya. Lebih jelasnya simak terus tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Iwan Rohmawan, Kepala Bengkel Sinar Sakti Motor spesialis merek BMW dan Mercedes Benz menjelaskan rahasia merawat mobil tua supaya bisa panjang umur adalah harus rajin melakukan servis berkala pada mesin dan komponen bergerak.

“Yang harus diperhatikan paling tune up, ganti oli mesin dan oli gardan. Kalau [mobil] Jerman, lebih kuat mesinnya,” terang Iwan di Jakarta sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Sabtu (16/7/2016).

Sedangkan urusan komponen bergerak, Iwan mengatakan BMW, Mercy, dan mobil-mobil keluaran lama pada umumnya memiliki kaki-kaki yang rentan bermasalah.

Advertisement

Untuk itu ia mengingatkan supaya pemilik mobil selalu berhati-hati ketika melalui jalanan rusak. Apabila asal hajar lubang, bisa-bisa bagian tie rod rusak dan merembet ke komponen lainnya.

Kerusakan lain yang kerap muncul pada mobil berusia 10 tahun ke atas umumnya terdapat pada bagian transmisi otomatis. Menurut Iwan, penyebab utamanya adalah kabel elektrik yang mudah putus karena lapuk dimakan usia.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif