Jogja
Sabtu, 16 Juli 2016 - 15:20 WIB

Perempuan Harus Aktif Berpolitik untuk Perjuangkan Hak

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kecam Kekerasan terhadap PRT (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Perempuan disarankan untuk aktif berpolitik guna memperjuangkan haknya

Haranjogja.com, KULONPROGO-Minimnya keterlibatan perempuan dalam aktivitas politik menjadikan kebijakan yang berpihak bagi perempuan juga masih minim hingga saat ini. Karena itu, perempuan harus didorong untuk semakin aktif ikut serta dalam aktivitas politik.

Advertisement

Terbatasanya perempuan yang duduk di kursi legislatif membuat adanya keterbatasan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan. “Keterwakilan perempuan dalam kursi legislatif belum sebanding dengan populasi masyarakat,” ujar Isnain Aminudin, Perwakilan dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) DIY, Jumat (15/7/2016).

Seharusnya perempuan yang duduk di wakil rakyat seimbang agar bisa menyalurkan inspirasi masyarakat pada umumnya dan perempuan pada khususnya. Karena itu, diperlukan materi yang baik serta memadai bagi perempuan di kalangan luas mengenai kondisi politik di Indonesia, pemilu, serta sejumlah isu-isu perempuan dan kepemimpinan.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa Perempuan dan KB (BPMPDPKB) Kulonprogo Sri Utami menjelaskan bahwa perempuan harus menyeimbangkan jati dirinya serta kodratnya. “Jangan sampai kodrat perempuan ditinggalkan ketika memperjuangkan jati diri,”jelasnya.

Advertisement

Adapun, pendidikan politik sendiri dianggap esensial untuk mewujudkan peran politik perempuan dalam kehidupan masyarakat dan mewujudkan masyarakat yang demokratis dan berkeadilan.

Hamam Muttaqien, anggota DPRD DIY asal Kulonprogo membenarkan bahwa jumlah perempuan masih tergolong minoritas baik dalam tataran eksekutif maupun legislatif. Karena itu, ia menyampaikan perlunya kesetaraan antara kedudukan laki-laki dan perempuan untuk mencapai masyarakat yang seimbang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif