Jogja
Jumat, 15 Juli 2016 - 04:20 WIB

PENJUALAN EMAS : Perhiasan dan Batangan Bersaing

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung melakukan transaksi di Butik Emas Logam Mulia Jogja, Rabu (13/7/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Penjualan Emas Batangan Melonjak

Harianjogja.com, JOGJA — Aktivitas penjualan emas batangan melonjak tajam saat Ramadan hingga paska-Lebaran ini. Penjualannya mampu menyaingi penjualan emas perhiasan.

Advertisement

Salah satu karyawan Toko Mas Naga Ketandan Arianto mengatakan, sejak Ramadan toko emas yang terletak di utara Pasar Beringharjo Barat tersebut benyak menerima customer yang menjual emas batangannya.

“Peningkatannya sampai 30 persen [dibanding bulan sebelumnya],” katanya ditemui Harianjogja.com, Rabu (13/7/2016).

Harga emas saat ini memang tinggi. Hingga Rabu siang, harga terima emas batangan di Toko Mas Naga mencapai Rp558.000 per gram sementara harga jual dari toko Rp561.000 per gram. Arianto mengatakan harga tersebut termasuk tinggi dibandingkan harga Lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Advertisement

Momentum kali ini dirasa tepat karena saat kebutuhan masyarakat akan uang meningkat karena Lebaran dan tahun ajaran baru, harga emas batangan sedang mencapai puncaknya. Masyarakat pun tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini untuk menjual emas batangannya.

Namun, hal ini tidak terjadi untuk emas perhiasan. Kecenderungannya, kata Arianto, justru banyak orang yang beli perhiasan saat Lebaran. “Bukan karena harganya tapi karena untuk dipakai saat Lebaran. Kalau dilihat harganya kan sekarang lagi tinggi,” ujarnya.

Harga Tinggi Berkat Pengaruh Internasional
Marketing Management Representative Butik Emas Logam Mulia PT Antam Cabang Jogja Joko Kurniawan mengatakan, harga emas yang masih tinggi masih tetap dipengaruhi harga internasional yang tinggi. Emas masih dianggap sebagai pengaman aset sehingga permintaannya pun tinggi.

“Para investor di Jepang misalnya, mereka percaya aset mereka terlindungi bahkan cenderung meningkat dengan menyimpan emas,” ujarnya.

Advertisement

Di Butik Emas Logam Mulia Jogja sendiri, awal pekan ini masih diramaikan para pengunjung yang membeli emas maupun yang ingin menjualnya.

“Sebenarnya potensi kenaikan emas masih sangat besar sehingga orang yang menahan untuk menjual ataupun baru membeli saat ini sangat berpotensi lebih untung beberapa bulan ke depan,” ujar Joko.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif