Sport
Jumat, 15 Juli 2016 - 05:15 WIB

OLIMPIADE 2016 : 28 Atlet Siap Tempur

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - logo olimpiade 2016 (ist)

Olimpiade 2016 bakal diikuti 28 atlet Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA – Indonesia bakal diperkuat 28 atlet di ajang Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Ajang internasional itu sendiri bakal digelar mulai 5 hingga 21 Agustus mendatang.

Advertisement

Dari 28 atlet tersebut, sebanyak 25 orang lolos dari babak kualidikasi Olimpiade. Sedangkan tiga atlet lainnya lolos berkat wildcard. Toga atlet tersebut berasal dari cabang atletik (1 orang), dan dua atlet dari renang masing satu perenang putra dan putri.

Secara rinci 28 atlet Indonesia itu adalah dua atlet dari cabang atletik, tujuh dari angkat besi, empat dari panahan, 10 atlet bulutangkis, dua dari rowing, satu pebalap sepeda, dan dua dari renang. Wakil Ketua I Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Lukman Niode, mengatakan jumlah atlet yang lolos itu sesuai dengan target dengan jumlah atlet yang lolos melebihi Olimpiade empat tahun lalu.

“Target awal Satlak Prima sudah terpenuhi. Kini, kita berharap target mengembalikan tradisi medali emas di Olimpiade Rio de Jeneiro bisa terwujud,” kata Lukman Niode seperti dikutip dari Detik.com, Kamis (14/7/2016).

Advertisement

Di London, kontingan Indonesia diperkuat 22 atlet–19 atlet lolos babak kualifikasi dan 3 atlet dengan fasilitas wildcard. Saat itu Indonesia gagal mempertahankan tradisi medali emas dan hanya meraih satu perak dan satu perunggu melalui lifter Triyatno dan Eko Yuli Irawan.

Lukman pun berharap tiga fasilitas wildcard yang diterima atletik dan renang bisa termanfaatkan dengan baik. “Fasilitas wildcard yang diberikan harus dimanfaatkan. Biasanya, atlet yang mendapatkan wildcard ditentukan organisasi internasionalnya. Kalau atletik ditentukan IAAF dan renang ditentukan FINA,” kata Lukman.

Sebelumnya, Sekjen PB PASI Tigor Tanjung mengatakan pihaknya telah mengajukan nama sprinter Sudirman Hadi untuk tampil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Hal ini terkait dengan kegagalan pelari Marathon Agus Prayogo memenuhi limit Olimpiade pada Gold Coast Marathon 2016 di Australia, 3 Juli 2016.

Advertisement

“Kami melihat Sudirman ini masih muda, cukup bagus, catatan waktu larinya juga bagus 10,47 detik. Karenanya, kami kirim supaya dia mendapat pengalaman yang banyak. Jadi walau tidak dapat medali kali ini, satu atau dua tahun lagi dia bisa beranjak,” kataTigor.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif