Sport
Jumat, 15 Juli 2016 - 00:00 WIB

KARIER PELATIH : Sam Allardyce Selangkah Lagi Jadi Manajer Timnas Inggris

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karier pelatih Sam Allardyce yang menjadi kandidat pelatih Timnas Inggris.

Solopos.com, LONDON – Bos Sunderland, Sam Allardyce, menjadi kandidat kuat pengganti Roy Hodgson sebagai manajer Tim Nasional (Timnas) Inggris. Allardyce telah meninggakan latihan pramusim skuat Kucing Hitam, julukan Sunderland, di Austria awal pekan ini.

Advertisement

Dia tertangkap kamera saat sedang meninggalkan rumah Wakil Direktur Federasi Sepak Bola Inggris (FA), David Gill, di Cheshire, Selasa (12/7/2016). Kedatangan pelatih berusia 61 tahun itu ke rumah Gill dikabarkan untuk wawancara terkait tawaran menukangi pasukan Tiga Singa, julukan Inggris.

Allardyce disebut-sebut mendapatkan dukungan dari mantan manajer legendaris Manchester United, Alex Ferguson, yang juga pernah bekerja bersama Gill selama bertahun-tahun di Old Trafford, Manchester. Pelatih Timnas Amerika Serikat (AS) Jurgen Klinsmann dan arsitek Bournemouth Eddie Howe juga masuk daftar kandidat suksesor Hodgson, tapi Allardyce diyakini sebagai calon terkuat.

Rumor tawaran FA untuk Allardyce menukangi Inggris juga dibenarkan oleh Sunderland. Klub yang berdiri sejak 1879 itu mengonfirmasi Allardyce telah meminta izin untuk berbicara dengan FA.

Advertisement

“FA mengontak Sunderland untuk meminta izin berbicara dengan manajer kami sebagai bagian dari proses diskusi rahasia dengan kandidat potensial untuk posisi manajer Inggris. Pada permohonan [izin] Allardyce, kami menyetujuinya,” tulis Sunderland dalam rilis resmi mereka, seperti dilansir Soccerway, Rabu (13/7/2016).

Allardyce bergabung dengan Sunderland pada Oktober 2015. Dia membantu pasukan Kucing Hitam itu bertahan di Liga Premier musim lalu. Meski memberi izin Allardyce untuk bertemu FA, Sunderland tetap berharap bisa mempertahankan manajer berdarah Inggris itu. Sunderland berharap FA segera mengambil keputusan supaya sang manajer bisa kembali fokus mempersiapkan skuat untuk kompetisi musim depan.

“Sam [Allardyce] sangat memegang kunci untuk rencana kami. Setelah musim yang sangat menantang, kami berusaha mencari sebuah periode stabilisasi, baik di dalam maupun di luar lapangan, dan kami ingin dia tetap menjadi manajer klub sepak bola kami,” terang Sunderland.

Advertisement

“Spekulasi soal posisi Sam sangat merusak Sunderland, khususnya di waktu krusial musim ini dan kami ingin FA menghargai gangguan bahwa proses ini menyebabkan dan membawa resolusi cepat untuk masalah,” imbuh mereka.

Ini adalah kali kedua Allardyce diwawancara untuk mengisi posisi manajer skuat Tiga Singa. Sejak kalah bersaing berebut kursi manajer Inggris dari Steve McClaren pada 2006, dia pun memilih melanjutkan karier bersama sejumlah klub. Meski sempat gagal bersama Newcastle United, Allardyce kemudian mampu menorehkan kesuksesan di Blackburn Rovers dan West Ham sebelum hijrah ke Sunderland.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif