Jogja
Kamis, 14 Juli 2016 - 23:20 WIB

TIPS KESEHATAN : Begini Cara Hindari Obesitas Anak

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anak obesitas (Thinkstock)

Tips kesehatan untuk menjaga kondisi anak.

Harianjogja.com, SLEMAN — Anak-anak memerlukan aktivitas fisik agar pertumbuhannya optimal. Melakukan olahraga sejak dini tidak hanya menjadikan anak tumbuh sehat dan kuat, tetapi juga mencegah obesitas pada anak.

Advertisement

Pengajar di Olifant School Anis Rahmawati mengatakan anak dapat dibiasakan melakukan olahraga ketahanan diri, seperti berlari, melompat, bersepeda, hingga berenang.

“Meski manfaatnya berbeda-beda, tetapi intinya merupakan langkah awal pembentukan fondasi untuk mendapatkan kebugaran fisik dan ketahanan otot anak,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (13/7/2016).

Dalam hal ini, orang tua penting untuk mengenali olahraga yang disukai anak. Caranya dapat dilakukan dengan memanfaatkan waktu libur. Orang tua dapat mengajak anak berlibur ke tempat wisata yang sejuk dengan suasana dan lokasi yang memungkinkan melakukan olahraga bersama.
“Biarkan anak melakukan olahraga yang digemarinya,” tuturnya.

Advertisement

Jika sudah mengenali olahraga kesukaan anak, orang tua dapat memberikan pengertian tentang pentingnya olahraga. Orang tua jangan sampai memaksa anak untuk menggemari olahraga sesuai keinginannya karena pada dasarnya, olahraga berhubungan dengan karakter anak.

“Berikan kesempatan bagi anak mengenal berbagai macam olahraga, sampai ia menemukan yang disukainya. Dengan begitu, anak akan selalu termotivasi untuk melakukannya,” katanya.

Hal penting sebelum mengajari anak berolahraga adalah orangtua harus menyukai olahraga. Orang tua sebaiknya memberi contoh dengan rajin berolahraga, seperti jogging atau senam.  Anis mengimbau agar orang tua membuat acara olahraga seperti acara piknik.

Advertisement

Yang perlu diingat, tandas Anis, jangan memaksakan olahraga tertentu kepada si anak karena tidak semua anak memiliki minat yang sama terhadap jenis olahraga tertentu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif