Sport
Kamis, 14 Juli 2016 - 22:25 WIB

RANKING FIFA : Argentina Teratas, Wales Salip Inggris!

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Argentina Vs Bolivia (Twitter)

Ranking FIFA telah dirilis untuk bulan ini.

Solopos.com, LISBON — Hasil gemilang di pentas Piala Eropa 2016 membuat Portugal melesat naik di daftar terbaru ranking Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Tim berjuluk Seleccao das Quinas itu melompat dua tangga ke urutan keenam. Portugal melangkahi juara Eropa tiga kali, Spanyol, yang justru melorot ke peringkat ke delapan.

Advertisement

Runner-up Piala Eropa 2016, Prancis, turut membuat lompatan spektakuler seusai turnamen antarnegara Eropa tahun ini di negara mereka. Tim Ayam Jantan, julukan Prancis, melesat ke peringkat ketujuh atau naik 10 tangga dibandingkan posisi mereka bulan lalu. Prancis tepat satu tangga di bawah Portugal dari sebelumnya terpuruk di urutan ke-17 versi Juni 2016.

Di luar tim-tim itu, Argentina, Belgia, Kolombia, Jerman, dan Chile tak bergeser dari posisi mereka masing-masing. Argentina bertahan di urutan teratas terlepas dari kegagalan mereka menjuarai Copa America Centenario 2016 di Amerika Serikat, baru-baru ini. Sementara itu empat tim terakhir menghuni ranking kedua sampai kelima secara berturut-turut.

Di sisi lain, lonjakan peringkat turut dicatat perempat finalis Euro 2016, Italia. Azzurri, julukan Italia, menanjak dua tangga dan membuat mereka kembali ke daftar 10 besar. Gianluigi Buffon dkk. menghuni peringkat terakhir daftar elite 10 tim teratas dari semula bercokol di peringkat ke-12.

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari laman resmi FIFA, Fifa.com, Kamis (14/7/2016), Brasil melengkapi daftar 10 tim teratas ranking dunia dengan menempati peringkat kesembilan. Tim Samba, sebutan Brasil, turun dua tangga setelah nilai mereka menyusut 101 poin dalam satu bulan terakhir.

Brasil tampil jauh di bawah ekspektasi di ajang Copa America Centenario 2016. Juara dunia lima kali itu kalah bersaing dari Peru dan Ekuador dan langsung tersingkir di babak grup.

Sementara itu lompatan signifikan dicatat Wales yang secara mengejutkan menembus semifinal Piala Eropa 2016. Rival Inggris sesama tim Britania Raya itu melesat ke urutan ke-11 atau naik 15 tangga dibandingkan daftar peringkat Juni 2016. Posisi Wales pun dua tangga lebih baik dibandingkan Inggris yang malah melorot dua tangga ke peringkat ke-12.

Advertisement

Lalu, bagaimana Islandia? Tim dari negara berpopulasi sekitar 330.000 jiwa itu sukses mencatat posisi terbaik dalam sejarah mereka. Islandia yang menyingkirkan Inggris di perdelapanfinal Euro 2016 naik 12 tangga ke urutan ke-22. Kenaikan tajam juga dicatat Kroasia dan Polandia yang pada bulan ini bertengger di urutan ke-15 dan ke-16.

Tetapi, lompatan terbaik dicatat New Zealand yang sukses menjuarai kompetisi antarnegara Oseania, OFC Nations Cup 2016, di Papua Nugini, Juni 2016 lalu. New Zealand menanjak 54 tangga ke urutan ke-93 dari semua di posisi ke-147.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif