Soloraya
Rabu, 13 Juli 2016 - 20:40 WIB

TOL SOLO-KERTOSONO : Jalan Tol Soker Mulai Ditutup

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol di kawasan Gondangrejo, Karanganyar. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Tol Solo-Kertosono, petugas mulai menutup jalan tol Soker dari Pungkruk hingga Klodran.

Solopos.com, KARANGANYAR–Ruas jalan tol Solo-Kertosono tepatnya di daerah Pungkruk Sidoharjo Sragen hingga Klodran Colomadu maupun sebaliknya ditutup mulai Rabu (13/7/2016) pukul 17.00 WIB.

Advertisement

Pengguna jalan sudah tidak bisa memanfaatkan jalur alternatif saat mudik dan arus balik Lebaran itu setelah Rabu pukul 17.00 WIB hingga PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) menyelesaikan pekerjaan jalan itu. Pemerintah pusat menargetkan pembangunan jalan tol itu selesai pada akhir 2017 sehingga dapat digunakan pada awal 2018.

Pejabat Humas PT Waskita Karya, Sarjani, menyampaikan pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), dan PT SNJ menutup penggunaan jalur alternatif.

“Hari ini [Rabu] hari terakhir kami mengoperasikan jalan tol. Ya sampai pukul 17.00 WIB. Setelah itu pintu masuk arus balik Lebaran dari Pungkruk Sidoharjo Sragen ditutup. Termasuk pintu keluar tol di Klodran Colomadu,” kata Sarjani saat dihubungi Solopos.com, Rabu (13/7/2016).

Advertisement

Otomatis, warga tidak bisa mengakses jalan itu. PT SNJ akan menyiagakan sejumlah personel dan memasang portal untuk membatasi akses warga dan pengendara. Pengendara dipersilakan menggunakan jalan utama. Menurut dia, pekerja sudah mulai menyiapkan diri melanjutkan pekerjaan jalan dan menyiapkan alat berat. “Kalau soal penutupan itu fleksibel. Tinggal dipasang portal pada pintu masuk itu selesai. Iya, mulai kerja seperti dulu. Alat dan pekerja sudah siap,” jelas dia.

Hal senada disampaikan Kepala Pos Pengamanan (Pospam) pintu tol Klodran Colomadu, Ipda Maryadi, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak. Lelaki yang menjabat sebagai Kanitlaka Polres Karanganyar itu mengaku sudah menerima instruksi mengosongkan pos pam di pintu keluar tol saat arus balik Lebaran di Klodran Colomadu. Selanjutnya, anggota akan melanjutkan penjagaan arus mudik dan balik Lebaran di pos pam Colomadu.

“Per hari ini [Rabu] jam 18.00 WIB, kami menyelesaikan tugas berjaga di pintu tol Klodran. Anggota akan bergeser ke pos pam di Colomadu. Sesuai instruksi pimpinan,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Advertisement

Maryadi memaparkan data jumlah kendaraan yang keluar maupun masuk dari pintu tol Klodran Colomadu semenjak H-7 Lebaran hingga Rabu pukul 16.00 WIB sebanyak 31.130 unit. “Selanjutnya kendaraan diarahkan menggunakan jalur utama. Pertimbangannya ya karena arus lalu lintas berangsur-angsur lancar.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif