News
Rabu, 13 Juli 2016 - 19:15 WIB

HAJI 2016 : Kemenag Membuka Perpanjangan Jadwal Pelunasan Haji Khusus

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tenda Jemaah Haji di Arafah, Arab Saudi. (JIBI/Antara)

Haji 2016, masih adanya kuota membuat Kemenag memperpanjang jadwal pelunasan.

Solopos.com, JAKARTA–Kementerian Agama (Kemenag) membuka jadwal pelunasan biaya perjalanan ibadah haji khusus, untuk menghabiskan sisa kuota jemaah haji yang diberikan Pemerintah Arab Saudi.

Advertisement

Kasubdit Pendaftaran Haji di Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Nur Aliya Fitra, mengatakan masih ada kuota untuk 439 orang calon jemaah haji yang tersisa. Kuota tersebut akan diisi oleh jemaah haji khusus yang berstatus cadangan, dan telah melunasi pembayaran tahap pertama.

“Karena jumlah calon jemaah haji yang masuk daftar cadangan tidak dapat menutup sisa kuota, maka pelunasan haji khusus dibuka kembali agar dapat menghabiskan sisa kuota tersebut,” ujar dia kepada wartawan, Rabu (13/7/2016).

Berdasarkan laporan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus, sekitar 570 orang calon jemaah haji menunda, atau membatalkan keberangkatannya tahun ini, meskipun sudah melakukan pelunasan biaya haji tahap pertama dan kedua.

Advertisement

Nur menuturkan proses pelunasan tersebut akan dibuka mulai 19 Juli hingga 22 Juli tahun ini, sesuai Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah No. D/195/2016 tentang Pemenuhan Sisa Kuota Haji Khusus 1437 H/2016 M.

Kemenag juga akan memberikan prioritas kepada calon jemaah haji yang mengalami kegagalan sistem pelunasan pada tahap sebelumnya, telah berusia minimal 75 tahun, penggabungan mahram, serta calon jemaah haji uang memiliki nomor urut selanjuynya yang siap berangkat.

Pihaknya juga akan terus memastikan kuota jemaah haji yang ditentukan dapat terpenuhi hingga masa pemberangkatan jemaah.

Advertisement

Haji 2016, Kemenag, jadwal pelunasan,

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif