Soloraya
Selasa, 12 Juli 2016 - 18:00 WIB

PENDIDIKAN WONOGIRI : Pemkab Siapkan Rp2 Miliar untuk Beasiswa Kuliah

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bantuan siswa (JIBI/Solopos/Dok.)

Pendidikan Wonogiri, Pemkab menyediakan Rp2 miliar untuk beasiswa.

Solopos.com, WONOGIRI–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menyiapkan anggaran senilai Rp2 miliar pada APBD Perubahan 2016 untuk beasiswa bagi siswa berprestasi dari keluarga miskin yang tak bisa melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Pemkab saat ini masih merumuskan formulasi untuk merealisasikannya.

Advertisement

Rencana program pendidikan itu disampaikan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, saat memberi sambutan di acara pembagian hadiah uang kepada siswa SD/MI-SMA/SMK yang mendapat nilai 100 pada UN tahun ajaran 2015/2016 di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Senin (11/7/2016).

Menurut Bupati yang akrab disapa Jekek itu program tersebut dibuat sebagai bentuk komitmen Pemkab dalam menjamin keberlangsungan pendidikan anak-anak berintelektual tinggi tetapi tidak dapat melanjutkan kuliah, karena terkendala biaya.

Bupati menilai anak demikian itu merupakan potensi yang bisa mengangkat derajat dirinya, keluarga, dan daerahnya. Sehingga, sudah selayaknya pemerintah daerah di era Joko Sutopo-Edy Santoso memberi sumbangsih untuk memotivasi generasi penerus yang dimiliki Wonogiri.

Advertisement

“Lalu bagaimana instrumennya? Sekarang ini kami masih merumuskan. Tetapi yakin lah, berkompetisi lah melakukan yang terbaik. Bagi siswa berintelektual [prestasi akademik] sangat khusus, datang lah ke ruang kerja saya,” ucap Bupati saat itu.

Dia merasa pribatin karena dewasa ini anak pintar belum tentu bisa menggapai cita-citanya, karena orang tua tidak mampu membiayainya ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Oleh karena itu Pemkab membuat kebijakan konkret untuk membantu putra/putri terbaik Wonogiri dalam menggapai cita-citanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Tunggal Widodo, saat dimintai penjelasan menyampaikan program beasiswa hanya ditujukan kepada lulusan SMA sederajat berprestasi dari keluarga miskin yang ingin melanjutkan pendidikan tetapi tidak mampu. Beasiswa diberikan kepada anak yang memenuhi kualifikasi tertentu. Semua hal terkait dengan program, seperti syarat atau kualifikasi, rincian nilai beasiswa bagi setiap anak, regulasi, dan lainnya masih dirumuskan.

Advertisement

Oleh karena itu belum diketahui mekanisme realisasi beasiswa tahun ini akan diberikan kepada siswa berprestasi miskin yang tak bisa mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi beberapa waktu lalu atau untuk membiayai kuliah siswa yang baru saja diterima di perguruan tinggi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif