Soloraya
Senin, 11 Juli 2016 - 15:40 WIB

PKL SOLO : Wali Kota : Pedagang Sunday Market Diminta Patuhi Kebijakan Pemkot

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana keramaian Sunday Market Manahan, Minggu (12/6/2016). Paguyuban PKL Sunday Market nekat kembali menarik retribusi pedagang Sunday Market. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

PKL Solo, sterilisasi kawasan Stadion Manahan untuk menjamin kebersihan lingkungan.

Solopos.com, SOLO–Sterilisasi kawasan Stadion Manahan dari aktivitas pasar tiban Sunday Market selama lima pekan kedepan dilakukan untuk menjamin kebersihan lingkungan.

Advertisement

Kerusakan taman rawan terjadi, apabila Pemkot tidak meliburkan pedagang kaki lima (PKL) Sunday Market. Hal itu disampaikan Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo ketika dijumpai wartawa di Balai Kota, Senin (11/7/2016). Wali Kota meminta PKL tidak nekat menggelar dagangan di kawasan Stadion Manahan.

“Kami minta pedagang mematuhi kebijakan Pemkot,” pinta Rudy, sapaan akrabnya.

Rudy menepis tudingan penutupan sementara aktivitas Sunday Market sebagai upaya untuk penyelesaian sengketa yang terjadi di sana. Melainkan, lanjut Rudy, Stadion Manahan akan digunakan untuk peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) yang akan digelar di Stadion Manahan 8-10 Agustus. Oleh karena itu, terhitung Minggu (17/7/2016) hingga Minggu (14/8/2016) Sunday Market ditiadakan.

Advertisement

“Stadion Manahan harus disterilkan dulu dari aktivitas apapun, untuk persiapan dan pelaksanaan Harteknas yang dipusatkan di Manahan,” katanya.

Rudy mengaku meski gelaran Harteknas hanya berlangsung tiga hari, tapi dibutuhkan persiapan sebelum pelaksanaan. Apalagi nanti rencananya lokasi Stadion Manahan digunakan untuk pameran alutsista. Saat ini, Pemkot mulai memperbaiki dan menata lokasi Manahan. Sehingga nantinya bisa digunakan untuk kegiatan Harteknas. Apalagi nantinya dalam kegiatan Harteknas ada berbagai macam kegiatan yang akan digelar.

“Taman yang rusak sekarang kita perbaiki. Jadi kalau nanti Sunday Market tidak diliburkan, bisa-bisa taman rusak dan lain sebagainya. Seharusya Sunday Market diliburkan hari Minggu (10/7/2016) kemarin, tapi saya toleransi sampai Minggu (17/7/2016) besok,” katanya.

Advertisement

Ihwal wacana relokasi pedagang Sunday Market dari Stadion Manahan, Rudy mengatakan hingga kini Pemkot belum memiliki solusi. Padahal sebelumnya Pemkot menjanjikan akan memindahkan pedagang dari kawasan Sunday Market pasca Lebaran. “Kami masih cari lokasi yang tepat,” tuturnya.

Namun demikian, Rudy memastikan relokasi PKL Sunday Market akan tetap dilaksanakan. Meski pihaknya belum bisa memastika kapan relokasi dilaksanakan. Terkait pemeriksaan dan penyelidikan ihwal dugaan penyimpangan tarikan retribusi PKL Sunday Market, Rudy mengaku masih menunggu hasil penyelidikan Inspektorat.  “Saya tunggu laporan dari Inspektorat dulu,” katanya.

Kepala Inspektorat Solo Untara menyatakan telah merampungkan penyelidikan terkait dugaan penyimpangan penarika retribusi PKL Sunday Market. Untara berjanji segera melaporkan hasil penyelidikan ke Wali Kota paling lambat pekan depan. “Jadi nanti Wali Kota yang mengumumkan hasilya,” kata Untara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif