Pialaeropa
Senin, 11 Juli 2016 - 16:30 WIB

PIALA EROPA 2016 : Griezmann Top Skorer, Sanches Pemain Muda Terbaik

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Antoine Griezmann mencetak dua gol ke gawang Jerman. (JIBI/Reuters/Christian Hartmann)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan Antonie Griezmann yang menjadi top skorer.

Solopos.com, PARIS – Antoine Griezmann resmi menjadi top skorer Piala Eropa 2016 setelah torehan enam golnya tak bisa dilampaui oleh pemain lain. Sementara penggawa Portugal, Renatro Sanches, menyabet predikat pemain muda terbaik.

Advertisement

Griezmann memang gagal membawa Prancis menjadi juara setelah dikalahkan Portugal di partai final dengan skor 0-1 di Stade de France, Senin (11/7/2016) dini hari WIB. Namun, Griezmann memiliki catatan oke lewat enam golnya. Dia pun berhak mendapatkan Golden Boot atas keberhasilannya menjadi top skorer.

Di posisi kedua ada Cristiano Ronaldo yang berhasil mencetak tiga gol dan tiga assist. CR7 berhak mendapatkan Silver Boot. Sedangkan Bronze Boot diberikan kepada Olivier Giroud yang mencetak 3 gol dan 2 assist. Torehan Giroud sendiri sama dengan Dimitri Payet namun waktu bermain Giroud lebih sedikit.

Daftar top skorer Euro 2016:

Advertisement

Golden Boot: Antoine Griezmann, Prancis: 6 gol (2 assist, 555 menit)

Silver Boot: Cristiano Ronaldo, Portugal: 3 gol (3 assist, 625 menit)

Bronze Boot: Olivier Giroud, Prancis: 3 gol (2 assist, 456 menit)

Advertisement

Renato Sanchez. (JIBI/Reuters / Tony O’Brien)

Sementara pemain muda terbaik diberikan kepada Renato Sanches. Situs resmi UEFA mengumumkan Sanches sebegai pemenang Best Young Player tak lama setelah berakhirnya laga final. Sanches mengungguli pemain sayap Prancis, Kingsley Coman, dan rekan setimnya di Portugal, Raphael Guerreiro.

Sanches sendiri tampil di enam laga dari tujuh laga Portugal di Piala Eropa 2016. Dia mencetak satu gol ke gawang Polandia di babak perempatfinal, yang menjadikannya sebagai pemain termuda ketiga (18 tahun dan 317 hari) yang bikin gol di putaran final Piala Eropa.

Di usia 18 tahun dan 328 hari, Sanches menjadi pemain termuda yang tampil di babak final Piala Eropa. Dia mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Cristiano Ronaldo di final Piala Eropa 2004 (19 tahun dan 150 hari). Karena Portugal tampil sebagai juara, Sanches pun menjadi pemain termuda yang memenangi Piala Eropa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif