Soloraya
Senin, 11 Juli 2016 - 16:17 WIB

PEMKAB KARANGANYAR : Hari Pertama Masuk, Belum Semua PNS Siap Memberikan Pelayanan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pegawai negeri sipil (PNS). (JIBI/Kabar24/Dok.)

Pemkab Karanganyar menerjunkan lima tim untuk melakukan sidak PNS pada hari pertama masuk kerja seusai libur Lebaran.

Solopos.com, SOLO – Belum semua pegawai kecamatan siap memberikan pelayanan kepada masyarakat pada hari pertama masuk kerja, Senin (11/7/2016). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menerjunkan lima tim untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) mengecek tingkat kehadiran pegawai negeri sipil (PNS) di setiap wilayah. Lima tim itu terdiri dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Karanganyar, dan lain-lain.

Advertisement

Lima tim mengecek 17 kecamatan di Karanganyar. Satu tim yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi, mengecek Kecamatan Tasikmadu, Kebakkramat, dan Karanganyar; tim lainnya mengecek Gondangrejo, Colomadu, dan Jaten; tim ketiga mengecek Jenawi, Ngargoyoso; tim keempat menuju ke Jatiyoso, Jatipuro, dan lain-lain.

Kepala Bidang (Kabid) Penindakan BKD Kabupaten Karanganyar, Wiyono, dan anggota tim lainnya mengecek Kecamatan Gondangrejo, Colomadu, dan Jaten. Hasilnya, Kecamatan Colomadu siap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kecamatan lainnya masih menggelar acara halal bihalal.

“Kami datang dijamu sarapan. Tetapi presensi penuh. Rata-rata tingkat kehadiran 100%. Hari pertama diisi halal bihalal itu masih ditoleransi. Kantor Kecamatan Colomadu penuh warga mengantre otomatis staf kecamatan bekerja seperti biasa,” kata Wiyono saat dihubungi Solopos.com, Senin (11/7/2016).

Advertisement

Sementara itu, Sekda Kabupaten Karanganyar, Samsi, mengecek kesiapan pelayanan di Kecamatan Tasikmadu, Kebakkramat, dan Karanganyar. Sebanyak 18 dari 19 PNS di Kantor Kecamatan Tasikmadu masuk. Satu PNS tidak masuk karena pensiun. Samsi menyampaikan akan melaporkan hasil sidak ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) pada Senin.

“Kalau ada yang tidak masuk pada hari pertama ini masih maklum. Bisa jadi karena turun piket. Sejauh ini tidak ada temuan membolos. Hasil sidak hari ini akan dilaporkan ke Kemendagri, Kemenpan dan RB, dan Gubernur Jateng,” tutur Samsi saat ditemui Solopos.com, seusai sidak di kantor Kecamatan Tasikmadu.

Samsi menilai tingkat kehadiran PNS pada hari pertama setelah libur Lebaran meningkat apabila dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, belasan PNS di lingkungan Setda Kabupaten Karanganyar terlambat mengikuti apel di halaman kantor Setda Karanganyar pukul 07.30 WIB. Samsi menuturkan memaklumi keterlambatan itu.

Advertisement

“Kalau terlambat, masih dimaklumi. Penyebabnya bisa macam-macam. Mungkin karena kesehatan, macet, dan lain-lain. Kalau membolos kerja tanpa keterangan ini akan dipertimbangkan memperoleh hukuman sesuai aturan kedisiplinan PNS.”

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif