News
Senin, 11 Juli 2016 - 12:10 WIB

KISAH UNIK : Hidung Bocah Ini Selamat Setelah Ditanam di Dahi

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bocah yang hidungnya diselamatkan dengan cara ditanam di dahi. (Istimewa)

Kisah unik datang dari seorang bocah bernama Arun Patel.

Solopos.com, NEW DELHI – Kisah unik muncul di Mardhya Pradesh, India. Seorang anak bernama Arun Patel, 12, menjalani sebuah operasi plastik untuk memecahkan masalah kesehatan yang dialaminya.

Advertisement

Arun Patel dari Madhya Pradesh, India, sewaktu masih bayi mengalami pneumonia (infeksi paru) yang menyebabkannya harus dirawat. Orang tua membawa Arun ke klinik kesehatan setempat namun terapi yang dilakukan malah membuat infeksi semakin parah menyebar ke hidung.

Meski pada akhirnya kondisi kesehatan Arun bisa diperbaiki, hidungnya sudah rusak kehilangan bentuk karena infeksi telah sampai menggerogoti tulang rawan.

Lebih dari satu dekade kemudian tim dokter dari kota Indore yang mengetahui kondisi Arun memutuskan untuk melakukan prosedur operasi bedah plastik langka. Operasi yang memakan waktu total setahun ini melibatkan penumbuhan kembali hidung menggunakan jaringan lain yang ada di tubuh pasien.

Advertisement

dr Ashwini Dash selaku pemimpin tim menjelaskan ia mengambil jaringan tulang rawan dari dada untuk menjadi bahan baku. Setelah itu tulang rawan tersebut ditanam di dahi Arel selama tiga bulan agar bisa tumbuh menjadi hidung dan siap ditanam di tempat hidung lama yang sudah disiapkan sebelumnya.

“Yakin hidung baru ini bisa berfungsi semestinya seperti organ lain,” kata dr Dash seperti dikutip dari BBC, Senin (11/7/2016).

Saat ini kondisi Arel dilaporkan sudah semakin baik. Tinggal fase terakhir dari operasi yang melibatkan prosedur untuk memperbaiki dahinya dari bekas luka.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kisah Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif