Jogja
Senin, 11 Juli 2016 - 09:20 WIB

GELOMBANG TINGGI PANTAI SELATAN : 4 Hari ke Depan, Waspada Gelombang Tinggi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ombak di Pantai Baru Bantul, Jumat (10/6/2016). (Yudho Priyambodo/JIBI/Harian Jogja)

Gelombang tinggi pantai selatan harus diwaspadai hingga 4 hari ke depan

Harianjogja.com, JOGJA-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Jogja mengimbau masyarakat mewaspadai gelombang tinggi di perairan laut selatan Jogja yang diperkirakan mencapai 2-4 meter.

Advertisement

“Kondisi tinggi gelombang saat ini berbahaya bagi kapal nelayan dan masyarakat yang sedang berlibur di objek wisata pantai,” kata Koordinator Pos Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogja, Joko Budiono, Minggu (10/7/2016) malam.

Menurut dia, tinggi gelombang mencapai 2-4 meter akan terjadi mulai 10 hingga 14 Juli 2016. Peringatan gelombang tinggi itu, menurut Joko, telah disampaikan ke seluruh instansi terkait.

Menurut Joko, jika mengacu rata-rata tinggi gelombang normal seharusnya tinggi gelombang hanya mencapai 2 meter. Meningkatnya tinggi gelombang tersebut, menurut dia, dipicu oleh peningkatan kecepatan angin di laut selatan yang melebihi kondisi normal.

Advertisement

Selain itu, kata Joko, berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfir selama periode itu diprediksi pula terjadi hujan lebat disertai petir.

“Masyarakat kami imbau berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan seperti banjir, longsor, tanah licin, serta pohon tumbang,” kata dia seperti dikutip dari Antara.

Selama periode arus balik Lebaran ini, Joko berharap pengguna dan operator jasa transportasi darat serta laut untuk selalu mengutamakan keselamatan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif