Soloraya
Minggu, 10 Juli 2016 - 14:30 WIB

WISATA KARANGANYAR : Jelajahi Keajaiban Dunia Cukup di Balekambang Tawangmangu

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Miniatur Koloseum Roma, Italia (Mariyana Ricky/JIBI/Solopos)

Wisata Karanganyar tak ada habisnya. Selalu ada keindahan di kaki Gunung Lawu.

Solopos.com, KARANGANYAR — Menyambangi berbagai bangunan ikon dunia tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun, tak semua orang bisa mewujudkan mimpi itu. Keterbatasan dana dan waktu terkadang menjadi ganjalan untuk mengunjunginya satu per satu. Tapi, di Taman New Balekambang Tawangmangu, Karanganyar, deretan monumen dari berbagai penjuru dunia tersebut berkumpul di satu tempat.

Advertisement

Air terjun dan sungai buatan di Taman New Balekambang, Selasa (28 Juni 2016) (Mariyana Ricky/JIBI/Solopos)

Ya, Taman New Balekambang yang terletak tak jauh dari Grojogan Sewu punya sejumlah miniatur bangunan ikon dunia. Sebut saja patung Piramida dan Sphinx dari Mesir serta Menara Eiffel dan Monumen Arc De Triomphe Paris, Prancis. Selain itu, ada pula patung Merlion Singapura, Tembok Besar Beijing, Tiongkok, Candi Borobudur, Magelang, Bukit Hollywood, Los Angeles, Amerika, hingga Menara Pisa dan Koloseum, Roma, Italia.

Seluruhnya berukuran mini sehingga sekali melangkah, pengunjung serasa sudah berpindah negara. Miniatur ikon dunia tersebut kini tengah hits di berbagai media sosial. Sejumlah pengunjung mengunggah foto tengah berselfie di depan bangunan monumental versi mini itu. Supervisor Taman New Balekambang, Yohanes Danang, menyebut konsep 1001 selfie sengaja diusung sejak akhir 2015 lalu.

Advertisement

“Konsepnya memang 1.001 selfie. Jadi pengunjung diajak berfoto di depan miniatur ikon dunia. Sebelumnya kami hanya menyajikan tujuh bangunan keajaiban dunia, kemudian jumlahnya terus ditambah,” kata dia, saat ditemui Espos di sela kegiatan, Selasa (28/6). Danang mengurai miniatur bangunan tersebut bukanlah satu-satunya sajian menarik. Pengunjung juga bisa menikmati taman cantik dengan air terjun dan sungai buatan yang sedap dipandang.

Selain itu ada pula background foto Gunung Fuji, lengkap dengan Torii alias gerbang tradisional khas Jepang. “Seluruh dinding di Taman New Balekambang bisa menjadi lokasi selfie. Kami juga menyajikan pesona ala kampung tradisional lengkap dengan gerobak sapi dan lumbung kuno, serta lesung dan sawahnya,” ucap Danang.

Tiket masuk untuk berfoto di Taman 1.001 Selfie dipatok senilai Rp12.000 per orang saat low season. Tarif naik menjadi Rp15.000 pada high season, seperti momen lebaran dan natal. “Tiket berbeda berlaku untuk berbagai atraksi di dalam area taman, misalnya paint ball, flying fox, dan high rope. Fasilitas lain yakni sewa kendaraan outdoor seperti ATV, sepeda lipat, dan skuter. Seluruhnya punya arena sendiri lengkap dengan petunjuk safety riding,” papar dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif